KAPOLDA RESMIKAN RUMAH PELAYANAN MASYARAKAT

Kapolda Jateng Irjen Pol Drs. Edward Aritonang

Kapolda Jateng Irjen Pol Drs. Edward Aritonang telah meresmikan Rumah Pelayanan Masyarakat (RPM) di Mapolres Kendal Jumat (4/2). 

Pilot Project RPM tersebut, telah dilaksanakan di beberapa rumah tokoh masyarakat di Kecamatan Pegandon dengan fasilitas diantaranya prasarana komunikasi yang terkoneksi langsung dengan Polres. Dalam acara tersebut, juga dilaksanakan Launching Ruang Layanan Prima Surat Izin Mengemudi, Ruang Penyidikan Pidana Korupsi, majalah Bahara Mitra Bahurekso serta Peresmian Naga Trail Community (NTC).
Kapolres Kendal AKBP Drs. Agus Suryo Nugroho mengatakan, pihaknya akan terus melakukan inovasi sesui dengan arahan Kapolda yang menggunakan metode  ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) dalam memberikan fasilitas pelayanan kepada masyarakat.
Dengan adanya Rumah Pelayanan Masyarkat (RPM) merupakan suatu inovasi yang diharapkan untuk mempererat hubungan antara polisi dan Masyarakat. “Jika terjadi permasalahan, masyarakat tidak perlu datang ke kantor polisi namun cukup datang ke RPM.”
“Selain RPM untuk mempermudah hubungan komunikasi kami telah bekerjasama dengan Telkomsel akan kembali memberikan 5000 nomor perdana prabayar kepada  tokoh masyarakat (RT/RW), setelah beberapa waktu lalu Polres Kendal membagikan 40 Telepon Genggam/Handphone dan 1500,” lanjut mantan Kapolres Boyolali tersebut.
Mantan Kasat lantas Polwiltabes Semarang menegaskan berbagai kegiatan itu adalah mempererat komunikasi dengan tokoh agama, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) hingga membentuk Naga Trail Community (NTC) yang merupakan komunitas pecinta motor trail. Selain itu, menerbitkan majalah bernama Bhara Mitra Bahurekso higga aktif dalam kegiatan sosial lainnya.
“NTC tidak hanya menjadi uji nyali menerabas hutan dan ajang hura-hura, melainkan ikut serta dalam kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya, tandas Kapolres.

KAPOLDA RESMIKAN RUMAH PELAYANAN MASYARAKAT

Sementara itu Kapolda Jateng dalam sambutannya menyampaikan bahwa, salah satu indikator keberhasilan Polisi yaitu harus dekat dengan semua lapisan masyarakat, diantaranya memberikan pelayanan yang baik.seperti di Kabupaten Kendal ini menyediakannya Rumah Pelayanan Masyarakat (RPM) yang diharapkan bermanfaat bagi masyarakat.

Lebih lanjut Kapolda mengatakan, ditengah dinamika pasang surut berbagai kejadian yang ada di masyarakat, jajaran Polda Jateng bertekad memberikan layanan “Tiada hari tanpa perubahan.” “Inovasi dan kreasi akan selalu dilakukan untuk memberikan pelayanan prima pada Masyarakat.”
“Saya mengapresiasi bahwa berbagai langkah yang dilakukan oleh Polres Kendal mulai dari pemasangan CCTV pada lokasi rawan gangguan kamtibmas dan mambangun Ruang Penyelidikan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) sebagai wujud komitmen Polri dalam  memberantas korupsi, ini merupakan langkah yang sangat luar biasa,” lanjut mantas Kadiv Humas Polri tersebut.
Selain itu masyarakat akan dipersilahkan mengakses semua informasi yang ada di kantor Kepolisian, sehingga akan lebih dekat antara Korps Bhayangkara dengan semua lapisan masyarakat.
“Tidak ada lagi ruang yang tertutup untuk masyarakat. Saatnya semua terbuka silahkan pantau dan kritik kami. Polisi harus mengamati apa yang terjadi di sekitarnya, tiru jika memang baik dan patut ditiru serta memodifikasi menjadi lebih baik, dan itu dimulai dari diri kita sendiri,”lanjut mantas Kadiv Humas Polri tersebut.
Setelah mengetahui Polres Kendal membagikan 5000 nomor perdana prabayar, dengan spontanitas Kapolda juga akan memberikan bantuan 25 handphone.
“Setelah saya mendengar kalau Polres Kendal akan membagikan 5000  nomor perdana prabayar, saya akan memberikan 25 handphone, supaya masyarakat bias lebih mudah memberikan informasi kepada, jika terjadi gangguan kamtibmas.”
Di akhir sambutannya Kapolda mengharapkan  kepada seluruh jajaran Polri bisa semakin dekat di hati masyarakat seperti yang ditunjukkan oleh kinerja saudara saudara di Polres Kendal ini, dengan mengedepankan kerja nyata dan kesampingkan lips service atau hanya berwacana.
Dalam acara launching dan peresmian selain Kapolda beserta Istri, nampak hadir Wakapolda, pejabat teras Polda Jateng  serta Kapolres di Jajaran Polda Jateng dan Bupati Kendal dokter Widya Kandi Susanti, Ketua DPRD Kendal Hj Anik Kasiyani SE, Dandim Kendal Letkol Inf  Erwin Rustiawan. Nampak hadir juga sejumlah tokoh penting di Jawa Tengah seperti Irwan Hidayat pemilik Owner Jamu Sidomuncul bersama puluhan kolega, serta tokoh agama, tokoh pemuda, LSM dan Wartawan dari media cetak mupun elektronik. (Ely)
Posted by on Feb 21st, 2011 and filed under Laporan Utama. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response by filling following comment form or trackback to this entry from your site

Leave a Reply

Refresh Image
*