Jateng Pacu Pembangunan Pariwisata

Jawa Tengah

Pada tahun 2010, wisatawan yang berkunjung ke Jawa Tengah sebanyak 22.599.344 orang, terdiri atas 22.275.146 wisatawan nusantara (wisnus) dan 324.198 wisatawan mancanegara (wisman). Dengan lama menginap rata-rata 2 hari dan belanja sebesar Rp 500.000,- perhari oleh wisnus dan US$ 200 perhari oleh wisman. Kunjungan wisatawan ini tentu memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat. Oleh karena itu Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus memacu pembangunan pariwisata.

Tahun 2011 kegiatan pembangunan pariwisata dilakukan diantaranya me-revitalisasi museum Ranggawarsita di Semarang, pengembangan museum Palagan Ambarawa di Kab. Semarang, museum RA Kartini di Rembang dan pembangunan museum volkano di dataran tinggi Dieng Kab Wonosobo.

Revitalisasi museum Ranggawarsita dilakukan dengan menata alur kunjungan, interior bangunan, taman, sarana pendukung pameran, sehingga pelayanan, daya tarik, dan kenyamanan pengunjung meningkat. Pengembangan museum Palagan Ambarawa dilakukan dengan menambah ruang pamer, perpustakaan, serba guna, ruang audio visual dan penataan ruang luar. Dengan demikian Museum Palagan Ambarawa museum dapat berperanan optimal sebagai obyek wisata edukasi sejarah bangsa.
Pengembangan museum RA Kartini, yang saat mi menempati salah satu ruang di kantor Bupati Rembang dilakukan dengan meredesain museum, menata ruang informasi dan ruang pameran, menduplikasi barang koleksi dan membuat diorama museum. Dengan pengembangan tersebut diharapkan nilai-nilai sejarah, ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang terkandung dalam benda-benda peningggalan RA Kartini dapat lestani dan terwariskan kepada generasi mendatang, sekaligus menjadi obyek tujuan pariwisata yang menarik. Sedang pembangunan museum vulkano di dataran tinggi Dieng Kabupaten Wonosobo berupa pembangunan gedung museum 2 lantai dan fasilitas pendukungnya, pengadaan isi museum dan pembuatan diorama dan peralatan perkantoran. Pembangunan museum yang direncanakan bersamaan dengan pengembangan Dieng Plateau Theater dan zona kreatif masyarakat yang terletak di sebelah depan Telaga Warna diharapkan akan menambah daya tarik obyek wisata Dieng sehingga meningkatkan kunjungan wisatawan.

Revitalisasi juga akan dilakukan pada komplek Keraton Surakarta agar kraton sebagai bangunan bersejarah dan pusat pemerintahan di masa lalu dapat lestari dan menjadi tempat tujuan wisata budaya yang menarik. Revitalisasi dilakukan karena saat ini banyak bangunannya yang mengalami kerusakan, terutama pada komplek Sasono Hondrowino, Sasono Sewoko, Dalem Pakubuanan dan Dalem Probosuyoso yang di dalamnya terdapat bangunan-bangunan yang penting dalam rutinitas kegiatan keraton.
Kegiatan pembangunan pariwisata yang juga dilakukan tahun 2011 yaitu pengembangan obyek wisata Pantai Widuri Pemalang dengan mengoptimalkan ragam obyek wisata dan menggali potensi dan kearifan lokal. Kegiatan diwujudkan antara lain dengan pengembangan berbagai permainan air, permainan lapangan, bangunan serba guna dan kios. Bersama dengan obyek wisata lain yang terdapat di pantai utara Jawa Tengah seperti pantai Purwahamba Kab Tegal, pantai Sigandu dan Ujung Negoro Kabupaten Batang. Pengembangan pantai Widuri diharapkan akan membentuk suatu paket wisata pantai yang memiliki daya tarik tinggi.

Kepala Biro Humas Setda Prov Jateng, Agus Utomo, S.Sos mengatakan, dengan berbagai upaya tersebut diharapkan target kunjungan wisnus sebanyak 25 juta orang dan wisman sebanyak 350.000 orang pada tahun 2011, serta visi pembangunan kebudayaan dan pariwisata Jawa Tengah yaitu “Terwujudnya’ Jawa Tengah Sebagai Pusat Kebudayaan dan Destinasi Pariwisata Utama” dapat tercapai. ( Rosi – Reporter Lifestyle )

 

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Refresh Image

*

You may use these HTML tags and attributes: