MoU Perumnas dan MCC China

Bertempat di Grand Hyatt Jakarta, Perumnas dan MCC Ltd. Menandatangani Cooperation Agreement tentang pembangunan infrastruktur berskala besar untuk perumahan murah di kota kekerabatan Maja.

Perum Perumnas menggandeng BUMN China, Metallurgical Corporation of China Ltd, untuk mengembangkan properti di kawasan Maja, Lebak, Banten. Kerja sama ini akan menggarap perumahan vertikal untuk masyarakat menengah bawah dan kawasan industri. Kawasan Maja sedang diarahkan menjadi kota mandiri sebagai bagian dari program “Greater Jakarta” untuk mengurai beban kepadatan aktivitas perekonomian di Jakarta.

Untuk tahap awal, Metallurgical Corporation of China Ltd (MCC) menjajaki pengembangan kawasan untuk proyek perumahan, infrastruktur, dan kawasan industri pada lahan Perum Perumnas di Maja dan Parung Panjang. Adapun luas lahan milik Perumnas di Maja saat ini 1.000 hektar, sedangkan di Parung Panjang 600 hektar. Perumnas telah menargetkan akan membangun rumah tapak sebanyak 20.000 unit di Parung Panjang.

Total lokasi dengan izin pengembangan kawasan Maja diperkirakan mencapai 20.000 hektar. Pemerintah China telah menyatakan komitmen memberikan pinjaman lunak senilai 115 juta dollar AS atau sekitar Rp 1 triliun untuk pengembangan Maja dalam kesepakatan antar kedua negara (G to G). Dana Pemerintah China itu di antaranya untuk pengembangan akses infrastruktur dan transportasi.

 

Kesepakatan Kerjasama ASEI Dengan EXIMBANK

Dalam rangka peningkatan dukungan bagi pengembangan ekspor dan sinergi antar lembaga pendukung ekspor nasional, PT Asuransi Ekspor Indonesia (Persero) dengan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (Indonesia Eximbank) sepakat untuk menandatangani Perjanjian Kerjasama Kontra Garansi yang ditandatangani oleh Bapak Zaafril Razief Amir Direktur Utama PT Asuransi ASEI dan Bapak I Made Gde Erata -Direktur Eksekutif dari Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (Indonesia Eximbank) pada hari Kamis, 12 Mei 2011 bertempat di Kantor Pusat Asuransi ASEI, Gedung Menara KADIN Indonesia, Lt. 22, JL. HR Rasuna Said -Kuningan, Jakarta Se/atan

Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (Indonesia Eximbank) merupakan Lembaga pembiayaan yang dibentuk oleh Pemerintah untuk menunjang kebijakan Pemerintah untuk mendorong program ekspor nasional.

Sedangkan PT. Asuransi Ekspor Indonesia (Persero) merupakan suatu Badan Usaha Milik Negara yang berdiri sejak tahun 1985. Asuransi ASEI memiliki tujuan untuk turut serta melaksanakan dan menunjang kebijakan dan program pemerintah dibidang ekonomi dan pembangunan nasional pada umumnya, khususnya membantu kelancaran program peningkatan ekspor non-migas dengan menjalankan usaha asuransi dan penjaminan.

Dengan adanya Kerjasama Kontra Garansi antara ASEI dan Indonesia Eximbank sebagai langkah awal dari ketjasama yang lebih luas, diharapkan akan memberikan benefit bagi kedua belah pihak serta dapat mendorong pelaksanaan tujuan bersama yaitu meningkatkan perekonomian dan program ekspor Nasional.

Posted by on May 20th, 2011 and filed under BUMN. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response by filling following comment form or trackback to this entry from your site

Leave a Reply

Refresh Image
*