Nyamannya Self Massage

Bagi kaum wanita, terlebih yang sudah menikah dan menjadi ibu, self massage menjadi penting karena dengan kemampuan memijit sendiri, mereka akan menghemat banyak waktu. Tak perlu harus selalu ke salon untuk treatment. Self massage ini bisa kita bedakan untuk bagian wajah (facial massage) dan bagian tubuh (body massage).

 

Facial Massage

Bagian paling penting saat melakukan facial treatment di salon adalah facial massage (pijatan pada wajah). Jadi kalau Anda bisa melakukannya sendiri di rumah, tentu akan menghemat banyak waktu dan biaya.

Kegunaan facial massage ini untuk menggerakkan otot secara pasif sehingga melancarkan aliran darah di seluruh bagian otot wajah, merangsang indera peraba di seluruh bagian wajah, melancarkan aliran lymphe pada saluran getah bening di daerah wajah sehingga dapat mencegah oedema atau bengkak-bengkak, membuat jaringan kulit lebih supel (lema s), meningkatkan vitalitas seluruh jaringan otot dan kulit muka, menyebabkan ujung-ujung syaraf lebih peka, dan dengan penambahan bahan scrubs yang baik, dapat membersihkan kulit wajah dari sel-sel kulit mati.

Pijatan pada otot-otot wajah akan diikuti dengan rasa relax sehingga bisa menghilangkan ketegangan. Sebaiknya facial massage juga diikuti dengan senam otot wajah, sehingga bila dilakukan secara teratur dan kontinyu, akan mencapai hasil yang optimum. Titik Puspa, meskipun sudah berusia 71 th, kelihatan jauh lebih muda karena, konon, sering melakukan senam wajah ini.

Cara facial massage

Dalam keadaan santai di rumah, tidak perlu memakai make up, apalagi riasan mata. Tapi kalau terlanjur memakai bedak dan foundation sebaiknya dibersihkan dulu, kemudian beri pelembab yang licin, massage cream atau bisa memakai minyak zaitun (olive oil). Oleskan merata di seluruh wajah atau setiap kali oleskan pada tangan dan jari yang hendak dipakai untuk memijat.

 

  1. Daerah dahi

Pijatan pertama dilakukan dengan ujung-ujung jari telunjuk, jari tengah (kalau perlu memakai jari manis).  Lakukan gerakan mengurut dari bawah tengah antara kedua alis mata setinggi alis, ke atas dan ke samping hingga tepi rambut. Ulangi lagi dengan mengambil 2 titik yang makin ke samping, dan makin ke samping. Lakukan dengan pelan. Sesekali berhentilah untuk memberi tekanan beberapa detik, sebelum dilanjutkan lagi. Pastikan bahwa jari tangan bisa meluncur dengan licin dan mudah, enak dan tidak  terasa sakit. Setelah daerah dahi selesai, kini daerah kedua mata.

 

  1. Daerah mata

Dengan 3 jari tadi, lakukan gerakan mengurut secara halus tanpa ditekan pada mata yang dipejamkan, dimulai dengan titik-titik di bawah alis mata ke arah bawah, menyeberangi bola mata, berhenti di kelopak mata bawah. Kemudian gerakan ini diselingi dengan gerakan kedua, mengurut memakai sisi satu jari telunjuk yang dibengkokkan. Gerakannya diulang dari atas bola mata meluncur ke bawah, dan melewati bola mata, sampai di bawah bulu mata namun masih di kelopak mata bawah, maka ujung jari telunjuk ini ditarik ke samping sepanjang kelopak bawah mata, dengan lembut sambil sekaligus mengurut bulu mata.

Gerakan ketiga adalah gerakan memakai satu jari telunjuk melingkari mata yaitu mengurut otot orbicularis oculi yang terdapat sekitar mata melingkari bola mata. Tempatkan kedua ujung jari telunjuk kanan kiri di titik-titik samping pangkal hidung pada ceruk mata sebelah dalam di kelopak mata atas. Gerakkan ke arah alis mata dan menyapu area di atas alis, ke arah samping mata, terus melalui bagian bawah mata yang lebar menuju ceruk mata di sebelah dalam lagi tetapi kini hanya sampai di kelopak mata bawah saja. Lalu lakukan gerakan kembali memutari mata arah sebaliknya.

Yang penting pada pengurutan otot sekitar mata ini adalah jangan sampai mengganggu bola mata, mengiritasi mata, atau menekan bola mata sehingga terasa sakit. Ingat, tujuannya adalah mengurut otot orbicularis oculi saja, tanpa mengganggu bola mata.

 

  1. Daerah pipi

Dengan 3 jari di atas, dari kedua belah tangan diletakkan di samping cuping hidung secara mendatar, maka lakukan gerakan ke arah samping atau ke arah telinga, menjauhi pucuk hidung. Hal ini dilakukan secara kontinyu, dan makin digeser ke bawah, mulai dari bawah hidung, bibir atas, sudut mulut, dagu, sehingga seluruh daerah pipi tersapu dan terpijit dengan rata dan enak. Lakukan sekali lagi dengan menaikkan tiga jari Anda untuk memijit hidung dan cuping hidung dari samping, sehingga seluruh area wajah tidak ada yang terlewatkan.

 

  1. Daerah hidung dan mulut

Dengan kedua tangan yang jari telunjuknya ditekuk, lakukan gerakan mengurut samping hidung dari bawah ke atas dan atas ke bawah berulang ulang, sesudah itu jari telunjuk dibuka / diluruskan untuk mengurut daerah kumis (bibir atas) di bawah cuping hidung dengan gerakan ke samping – ke tengah berulang ulang. Sesudah itu ikuti tepi mulut dengan mulut digerakkan untuk membuka, menutup, dimoncongin, dsb. Usapkan jari Anda sampai daerah dagu. Dengan gerakan ke kanan, kiri, atas, bawah sampai rata.

 

  1. Daerah dagu dan leher

Dengan jari telunjuk dan jari tengah kedua tangan ditekuk, lakukanlah pengurutan dari dagu ke arah telinga melewati bagian bawah tulang rahang (mandibula). Lakukan beberapa kali, sehingga puas, dan kemudian turun ke leher. Untuk mengurut daerah leher maka gerakannya adalah memijit ringan yaitu menjepit kulit dengan kedua jari dilepas, dijepit lagi, dilepas lagi, begitu seterusnya sampai seluruh kulit leher mendapat bagian.

 

BODY MASSAGE

Untuk pijatan di tubuh, kita bedakan antara area lengan dan tangan, leher dan pundak,  tubuh dan perut, tungkai bawah, dan kaki. Pada dasarnya gerakan pada lengan dan tungkai adalah mengurut dari ujung yang jauh mendekat ke arah jantung untuk membantu mempercepat aliran darah balik, dan aliran lymphe, sehingga mencegah pembengkakan dan mempercepat hilangnya rasa capai. Paling bagus diakukan dengan minyak zaitun, tetapi kalau tidak ada boleh juga dengan minyak lain, asal melicinkan pengurutan.

Untuk daerah leher dan bahu, gerakannya lebih ke arah memijit ototnya agar aliran darah lancar dan hilang ketegangannya. Untuk daerah dada dan perut, tekanannya bukan ke arah dalam isi dada dan isi perutnya, elainkan lebih baik ke arah samping, ke arah dinding, misalnya dengan gerakan memutar-mutar kepalan tangan di dinding perut atau melipat-lipat dinding perut.

Untuk punggung, gerakannya tentu agak susah karena self massage, sehingga perlu bantuan orang lain. ***

Posted by on Jul 3rd, 2011 and filed under Konsultasi. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response by filling following comment form or trackback to this entry from your site

Leave a Reply

Refresh Image
*