YAMAHA Menjawab Segala Kebutuhan

Ditengah iklim bisnis yang makin kompetitif, sebuah merek harus memiliki keunggulan. Pelaku bisnis dituntut lebih cerdik dan harus memiliki strategi pemasaran agar bisa memuaskan konsumen. Itu pula yang dilakukan PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia , dalam membidik pasar sepeda motor di Indonesia. Dari Awarding Ceremony Satria Brand Award 2012 yang dihelat oleh sebuah harian nasional, sejumlah – brand nasional diadu eksistensinya, mana yang terbanyak dipilih masyarakat Jawa Tengah. Dan Yamaha menjadi salah satu brand yang jadi pilihan. Bagaimana sukses Yamaha dalam merebut dan memenangkan hati konsumen, khususnya masyarakat Jawa Tengah, majalah Lifestyle mencoba mengulik rahasia sukses pemasar produk otomotif dari negara matahari terbit tersebut dengan mewawancarai Perwakilan Yamaha Jawa Tengah.

‘’Kami tidak semata berorientasi pada market share, tetapi bagaimana membuat konsumen kami merasa puas,‘’ kata Eddy Ang_Chief Central Java Area at PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia.

Bagaimana tentang perkembangan Yamaha Motor Semarang saat ini?
Sebagai perwakilan dari Yamaha di Jawa Tengah, tahun ini Yamaha mengeluarkan banyak produk. Dari bulan Februari hingga Juli sudah empat produk yang dikeluarkan. Untuk produk terakhir animo masyarakat cukup baik. Hal ini terlihat dari tendensi penjualan produk Yamaha yang semakin meningkat, bahkan ketika terjadi regulasi DP hingga 30% pada bulan Juni, penjualan produk Yamaha tidak mengalami masalah, bahkan terus meningkat. Secara market share pertumbuhanya cukup positif. Melihat hal itu optimis Yamaha tahun ini akan lebih baik dari tahun 2011.

Bagaimana sukses story produk Yamaha dalam “ Satria Brand Award 2012 “ ?
Ketika diluncurkan pada akhir tahun 2003, Yamaha Mio memilih segmen konsumen wanita sebagai pasar potensial, berusaha menyentuh hati konsumen wanita dengan memahami keinginan mereka. Yamaha memberikan edukasi bahwa mengendarai motor matic itu lebih mudah serta mereka bisa tetap stylish dan gaya. Melalui hal itu konsumen merasa diperhatikan, mereka merasa dipahami sehingga ada kesan positif yang akan tertinggal dibenak mereka. Dan sampai sekarang kesannya motor matic lebih identik dengan Yamaha Mio. Selain itu dari segi pemasaran Yamaha juga berusaha dekat dengan para konsumenya. Yamaha melakukan kegiatan di daerah – daerah pemukiman masyarakat, memberikan test drive serta memberikan acara hiburan. Melalui hal itu kita akan lebih mudah merebut hati para konsumen. Meskipun tidak terlepas dari produk, jaringan dan promosi Yamaha yang baik. Hingga akhirnya terciptalah image, apabila konsumen membayangkan motor matic maka Yamaha Mio lah jawabannya.

Apa kelebihan Yamaha Mio?
Jika dilihat dari generasi pertama Yamaha Mio yang diluncurkan pada akhir tahun 2003 hingga tahun 2011 lalu, kira- kira usia Yamaha Mio adalah delapan tahun. Dalam periode tersebut, secara nasional sudah terjual sebanyak tujuh juta unit. Dengan usia Yamaha Mio yang telah selama itu, menciptakan kepercayaan tersendiri bagi masyarakat bahwa Yamaha Mio memiliki performa yang tangguh, tidak rewel dan praktis dikendarai.

Soal pilihan konsumen wanita sebagai pasar potensial ?
Awalnya kami melakukan survei pada pasar di Indonesia. Kami menemukan banyak yang takut mengendarai motor, khususnya wanita. Alasannya adalah mitos hilangnya keperawanan apabila mereka mengendarai motor, serta para wanita cenderung memperhatikan penampilan mereka. Sehingga mereka enggan mengendarai motor. Padahal waktu itu pasar konsumen wanita belum dilirik oleh para kompetitor, sehingga Yamaha langsung menargetkan pasar potensial pada konsumen wanita.
Kemudian Yamaha berusaha untuk menyentuh hati para konsumen wanita dengan memenuhi keinginan mereka. Selain itu, kami juga berusaha memberitahu pada konsumen wanita yaitu, apabila mereka mengendari motor sendiri mereka memiliki kebebasan untuk mengatur waktu mereka. Tidak perlu menunggu angkutan atau di jemput, mereka sudah dapat langsung beraktivitas sendiri. Kami menawarkan pada mereka bahwa wanita jangan mau ketinggalan.

Bagaimana strategi memasarkan produk di Jawa Tengah?
Melihat pasar di Jawa Tengah, tentu berbeda dengan di Jakarta dan Bandung. Di Jakarta dan Bandung jumlah konsumsi lebih berpusat pada perkotaan. Sedangkan di Jateng, level kecamatan jumlah konsumsi atau kebutuhan akan kendaraan bermotor lebih tinggi. Sehingga strategi kami adalah, menyisir daerah-daerah yang masih sangat potensial. Biasanya kami menarik perhatian mereka dengan mengadakan test drive serta mengadakan acara hiburan untuk mereka.

Soal kompetitor ?
Prinsip kami tidak ingin membicarakan tentang produk kompetitor lain. Yang kami bicarakan adalah keunggulan produk kami saja. Apa keunggulan produk kami, itulah yang kami jabarkan. Untuk menghadapi regulasi teknologi kendaraan pada tahun 2013, para produsen dituntut untuk siap pada era injeksi. Dimana Yamaha saat ini sudah siap dan dalam produk – produk baru, yang mana tiga diantaranya sudah mengunakan teknologi injeksi.
Dan untuk teknologi injeksi Yamaha sudah sangat diakui, hal ini terlihat dari ketika pertama kali Yamaha mengeluarkan Vixion berinjeksi, hingga saat ini tidak ada masalah. Bahkan jumlah permintaan Vixion berinjeksi di Jawa Tengah paling unggul secara nasional. Selain itu Yamaha sudah sangat siap dengan teknologi injeksinya, bukan hanya di produk tetapi di purna pembeliannya. Kami memiliki alat perawatan injeksi di setiap bengkel kami yang tidak dimiliki oleh para kompetitor. Strategi kami adalah bagaimana masyarakat yakin dengan produk berinjeksi kami.

Apa target kedepan?
Tujuan utama kami kedepan adalah tidak semata berorientasi pada market share, tetapi bagaimana membuat konsumen yang telah menggunakan produk kami merasa puas. Setelah konsumen puas maka tidak sulit untuk membuat mereka kembali mengkonsumsi produk kami atau merekomendasikannya pada orang lain. Tugas kami adalah merebut hati konsumen, sehingga dari awal tahun ini hingga tahun depan Yamaha akan meluncurkan produk – produk yang akan menjawab kebutuhan masyarakatnya.

Upaya apa yang dilakukan untuk menekan atau mengurangi korban kecelakaan lalu lintas ?
Disini Yamaha mempunyai beberapa upaya yang biasanya dilakukan untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas. Yang pertama pelatihan safety riding, biasanya kami bekerjasama dengan kepolisian atau institusi untuk melakukan pelatihan bagaimana cara berkendara yang aman. Kedua, dalam produk – produk baru kami, telah mengunakan AHO (automatic high light on) dimana ketika pertama kali kendaraan di nyalakan maka lampu kendaraan akan langsung menyala. Hal ini sesuai dengan himbauan Kapolri, bahwa semua produsen motor saat ini harus ikut serta berperan dalam keselamatan pengguna.
Apa saja produk baru Yamaha ?
Dari bulan Februari hingga bulan Juli ini empat Produk telah dikeluarkan oleh Yamaha, diantaranya untuk keluarga scuter matic mio, Yamaha mengeluarkan Yamaha MioJ. Mio J merupakan inovasi motor matic yang menyatukan ketangguhan mesin Yamaha, DiASil Cylinder & Forged Piston dengan teknologi fuel injection, YM Jet FI. Sehingga menghasilkan motor matic performa tinggi dengan konsumsi bbm lebih irit 30% serta tetap lincah seperti mio.
Selain itu juga ada All New Jupiter Z1, dengan mesin baru nya performance All New Jupiter Z1 lebih meningkat 20%. Hal itu karena mengadopsi teknologi motor balap YZ Crankshaft Technology, Low Friction Technology dan Forged Piston. YZ Crankshaft Technology meningkatkan akselerasi dan torsi, yang telah digunakan di motor trail Yamaha YZ450F. All New Jupiter Z1 yang diluncurkan Yamaha kian sempurna dengan Low Friction Technology yang memperkecil hambatan tenaga akibat gesekan sehingga tenaga mesin menjadi lebih optimal. Forged Piston yang memiliki daya tahan tinggi dan ringan sehingga mampu menyalurkan tenaga mesin yang besar serta menjadikan motor lebih mudah berakselerasi. citra

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Refresh Image

*

You may use these HTML tags and attributes: