Dibalik Kemegahan Royal Ambarrukmo Yogyakarta

The Look
Hotel bersejarah terus berbenah. Itulah gambaran yang tepat untuk melukiskan eksistensi dari Royal Ambarrukmo Yogyakarta. Pasalnya sejak pertama kali direnovasi kemudian ditutup pada tahun 2004, 27 Oktober 2011, Royal Ambarukmo Yogyakarta terlahir kembali menjadi sebuah istana. Dibawah manajemen Santika Indonesia, Royal Ambarukmo Yogyakarta terus mempercantik diri dan memperlihatkan kemegahannya.
Royal Ambarrukmo Yogyakarta tidak hanya memiliki kemegahan sebuah hotel bintang lima, Namun juga menjadi salah satu saksi sejarah kota Yogyakarta dan kini Royal Ambarrukmo Residence terdaftar sebagai Warisan Nasional Gedung. Selain itu  Royal Ambarrukmo Residence juga dianggap sebagai “Kedaton” yang artinya Royal Palace atau tempat kediaman Raja.
Tidak hanya menawarkan keindahan arsitektur model kerajaan di Jawa, Royal Ambarrumo Yogyakarta juga menawarkan banyak kemudahan berkat lokasinya yang strategis, yakni di jalan Laksda Adisucipto No. 81 Yogyakarta. Cukup 15 menit dari Adisucipto Airport menuju Royal Ambarrukmo Yogyakarta atau cukup 25 menit menuju Tugu Train Station dari hotel. Selain itu sebagai hotel berstandar Internasional Royal Ambarrukmo Yogyakarta juga memiliki fasilitas meeting rooms dengan taraf internasional bagi Anda yang ingin melakukan aktivitas bisnis di Kota Gudeg ini.
The Rooms
Hotel bintang lima yang kaya sejarah ini menaungi 247 kamar yaitu Deluxe Room, Ambarrukmo Club, Ambarrukmo Premier dan Ambarrukmo Suite. Semua kamar memiliki balkon, Merapi View dan City View serta fasilitas modern: LCD 32”, deposit box, coffee/tea maker. Selain itu keistimewaan seluruh kamar hotel adalah suguhan pemandangan taman yang lapang nan  asri pada area hotel. Demi menjamin konektivitas tamu dengan dunia, seluruh kamar dilengkapi layanan internet berkecepatan tinggi. Di sejumlah kamar juga tersedia living room mini dan meja kerja yang terpisah dari ruang tidur serta mini bar. Tentunya dengan sentuhan landscape yang modern dan elegan.
The Facilities
Sebagai hotel bertaraf internasional, fasilitas yang diberikan Royal Ambarrukmo Yogyakarta bagi tamunya pun istimewa. Berbagai fasilitas seperti business center, fitness center dengan view royal garden, swimming pool dengan dua varian serta royal garden dengan tatanan yang cantik. Selain itu para tamu juga dapat menikmati pendopo daily activity, yaitu kegiatan harian yang diselenggarakan di kawasan pendopo seperti, belajar suling bambu, sinau boso Jowo, latihan tari klasik (perempuan), dolanan bocah, jemparingan dan patehan serta latihan tari klasik (laki –laki) Dan itu, free. Tersedia pula fasilitas untuk event royal wedding dan banquet.
The Restaurant & Lounge
Menikmati suasana yang berbeda itulah kesan yang akan Anda dapatkan ketika bersantap di Royal Restaurant, alasannya tentu karena Royal Restaurant  Royal Ambarrukmo Yogyakarta menyediakan ruang stylish dengan setting yang menawan di setiap harinya. Dan ketika Anda bersantap malam di Royal  Restaurant, Anda akan menyaksikan atraksi sang koki saat memasak di dapur terbuka. Tidak hanya itu pada breakfast time, Anda akan melihat keramahan para waitress yang berbaris menyapa anda dengan berbagai bahasa. Untuk menikmati pemandangan Yogyakarta, Executive Lounge adalah pilihan terbaik dan tersedia berbagai variasi wine dan cigar dengan pelayanan khusus.
Namun bagi Anda yang menginginkan suasana makan dengan tradisi Jawa Majalah LIFESTYLE merekomendasikan Anda untuk bersantap di Royal dinner. Karena selain menikmati makanan di Kedaton Ambarrukmo, anda juga akan dilayani oleh para waitress yang berkostum lengkap abdi dalem  dan juga dapat  melihat prosesi makanan yang disajikan dengan “upacara  jodang” yaitu upacara membawa makanan di dalam box (jodang) yang akan ditandu oleh para abdi dalem. Tentunya setelah itu Anda akan menyaksikan tradisi “laku dodok” oleh para abdi dalem. Untuk menunya, Anda akan dihidangkan makanan favorit Sultan, Are interested?
The Food & Beverages
Soal cita rasa, jangan diragukan, Semua sajian yang dihidangkan oleh Executive Chef tentu istimewa. Selain menghidangkan berbagai pilihan menu tradisional Indonesia Royal Ambarrukmo Yogyakarta juga menyediakan hidangan mancanegara. Contohnya sajian dengan tema menu spesial  “US Meat Promotion”. Menu-menu yang ditawarkan seperti: Carpaccio Salad dengan irisan daging, US Rib-eye Steak, US Sirloin Steak, US T-bone Steak, US Tenderloin Steak dan untuk melengkapi hidangan ada pilihan pendampingnya seperti loaded baked potato, french fries dll. Serta untuk  pilihan saucenya tersedia black pepper, mushroom, onion, barbque, cream sauce red wine dan balsamic reduction. Dan bagi para penggemar lobster, bulan November lalu, Royal Restaurant di Royal Ambarrukmo Yogyakarta menyajikan “Lobster Promotion” yang dikombinasikan dengan berbagai sajian menu yang menggoda.
Selain pilihan menu tadi, para tamu juga dapat memesan Sultan Menu, yaitu menu makanan khas  raja tempo dulu. Dimana Anda akan merasakan pengalaman menarik menikmati makanan khas para raja dengan suasana yang tak terlupakan. Selain itu Anda juga akan dilayani bak raja oleh para waitress yang akan bergantian menghantarkan makanan ke meja anda.
The Event
Sebagai Royal Residence, Royal Ambarrukmo Yogyakarta menciptakan beberapa kegiatan, untuk mewakili budaya orang Jawa seperti upacara minum teh ala kerajaan, Royal Dinner, Royal In House Tour dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan komunitas seni dan budaya yang diselenggarakan di Pendopo Agung.
Dari berbagai event yang diadakan Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Majalah LIFESTYLE merekomendasikan Anda untuk tidak melewatkan acara upacara minum teh ala kerajaan atau biasa disebut Patehan yang berarti tempat untuk menyajikan teh untuk Raja. Upacara minum teh ini dianggap menjadi lambang minum teh orang Jawa. Dalam sejarah dan tradisi kerajaan, tradisi ini sudah berlangsung selama seratus tahun sebagai tata cara yang tepat untuk minum teh untuk sultan, ratu, royalti, dan bangsawan. Royal Ambarrukmo menawarkan kepada para tamu tentang pengalaman belajar yang otentik dari  upacara minum teh tradisional di Keraton Yogyakarta yang pada masa itu resmi dinikmati di kalangan kerajaan.
Tata cara Patehan pun sangat menarik  dimulai dengan semua tamu duduk di sekeliling meja dan Abdi Dalem (Royal Pegawai) yang terdiri dari 5 wanita, akan melakukan pawai sambil membawa payung, nampan dengan dua pot teh dan kopi ditutupi oleh pakaian putih, dan ketel air panas. Abdi Dalem kemudian akan menuangkan teh atau kopi dengan air panas selama prosesi. Para tamu juga akan senang dengan menikmati  pilihan makanan ringan favorit Sultan.
Kegiatan budaya reguler ini diadakan di Pendopo dan menjadi bagian dari hiburan yang ditawarkan untuk tamu. Selain itu juga disuguhkan salah satu kegiatan budaya, Jemparingan langka, yaitu seni memanah Jawa kuno, diadakan setiap hari Jumat. Pengalaman-pengalaman ini ditawarkan dengan gratis untuk yang menginap di Ambarrukmo Club dan Ambarrukmo Premier Suite setiap hari mulai jam 16.00WIB.  Upacara ini juga terbuka untuk para tamu asing dengan biaya tambahan dan reservasi terlebih dahulu. Tidak hanya menawarkan kemegahan, hotel bintang lima Royal Ambarrukmo Yogyakarta juga menawarkan sejarah yang tersimpan di setiap sudut bangunannya yang berdiri kokoh. Menjadi salah satu hotel bersejarah, Royal Ambarrukmo Yogyakarta memiliki misi untuk tetap mempertahankan kebudayaan dan terus memperkenalkan tradisi Indonesia di mata dunia. Bagaimana, tertarik untuk menikmati kemegahan dibalik Royal Ambarrukmo Yogyakarta? Pastikan hotel ini menjadi pilihan menginap Anda. citra

www.simplesharebuttons.comBerbagi dengan teman ...Facebook7Google+0Twitter3tumblrPinterest0LinkedIn0

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Refresh Image

*

You may use these HTML tags and attributes: