PLTMH Kab. Pekalongan Diresmikan

Gubernur Jateng H. Bibit Waluyo, Jumat 4 Januari 2013 telah meresmikan 2 (dua) Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Kabupaten Pekalongan, yaitu PLTMH Mendoko 2 yang terletak di desa Mendoko, Kec. Lebakbarang dan PLTMH Depok 2 yang terletak di desa Depok, kecamatan yang sama.
PLTMH Mendoko 2 yang memanfaatkan aliran sungai Kaliwisnu dibangun Pemrov Jateng dengan anggaran Rp 948.639.000,- mempunyai Kapasitas Daya 20 Kilowatt (KW), dipergunakan sebagai sumber daya listrik bagi 67 KK dan fasilitas umum. Sedang PLTMH Depok 2 memanfaatkan aliran sungai Kumenep dibangun Pemprov Jateng dengan anggaran Rp 742.393.000 mempunyai kapasitas daya 25 KW, dipergunakan sebagai sumber listrik bagi 51 KK dan fasilitas umum.
Gubernur Jateng dalam sambutannya mengatakan, pembangunan PLTMH merupakan upaya meningkatkan ketersediaan tenaga listrik dengan memanfaatkan sumber daya alam setempat. Adanya PLTMH diharapkan membawa manfaat besar bagi keluarga yang selama ini belum teraliri listrik, baik dalam proses belajar, proses produksi dan kegiatan lainnya, misalnya menetaskan telor bebek dan ayam, menjahit dan lain sebagainya. Dengan demikian kualitas taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat diharapkan bisa meningkat.
Lebih lanjut Gubernur Jateng mengatakan, pembangunan PLTMH ini sejalan dengan gerakan Bali Ndeso Mbangun Deso, yaitu memajukan masyarakat pedesaan dengan memberdayakan potensi setempat. Pemprov Jateng berusaha keras menyebarluaskan pemberdayaan energi listik untuk seluruh masyarakat Jateng dengan memanfaatkan energi setempat, yaitu air, surya/matahari, angin dan sebagainya.
Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Prov Jateng Ir. Teguh Dwi Paryono, MT menjelaskan, dengan selesainya pembangunan PLTMH Mendolo 2 dan Depok 2, maka hingga tahun 2012 Pemprov Jateng dan Pusat telah membangun 14 PLTMH  di Kab Pekalongan dengan total kapasitas 391 KW, melistriki sebanyak 1.602 KK dan fasilitas umum. Pada tahun 2012, selain membangun 2 PLTMH tersebut, Pemprov Jateng juga melakukan rehabilitasi 3 PLTMH di Kab Pekalongan, yaitu PLTMH Depok 1 dengan anggaran Rp 148,35 juta, PLTMH Kepundutan dengan anggaran Rp 182,525 juta, dan PLTMH Timbangsari dengan anggaran Rp 182,406 juta.
Mulai tahun 2007, Pemprov Jateng juga telah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Pekalongan, yang dilakukan di desa Simego, Kec. Petungkriyono sebanyak 100 unit. Tahun 2008 dilakukan di desa Sidomulyo dan Mendolo, Kec Lebakbarang sebanyak 87 unit, di desa Simego, Tlogopakis, dan Katupuring, Kec Petungkroyono sebanyak 232 unit, dan di desa Lemahabang, Kec. Doro sebanyak 50 unit. Tahun 2009 dilakukan di desa Bedagung, Kec. Penanggaran sebanyak 25 unit. Tahun 2011 di desa Lambanggelum, Kec. Peninggaran, dan desa Pamutuh, Kec. Lebakbarang sebanyak 323 unit; serta pembangunan PLTS untuk Penerangan Jalan Umum di 6 kecamatan sebanyak 233 unit. Total PLTS yang terpasang sampai dengan tahun 2012 sebanyak 1.348 unit.                               Rosi

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Refresh Image

*

You may use these HTML tags and attributes: