Berawal dari Inovasi Masakan Jepang

Memasuki area satu ini pengunjung langsung disambut ayam berjengger yang berada tepat di pintu masuk restoran. Restoran yang berada di Jl. Gajahmada No.7 Semarang ini dirintis sejak empat tahun lalu, dengan menawarkan menu-menu tradisional berkonsep modern. Penikmat kuliner di Semarang pastinya sudah tidak asing lagi dengan “Super Penyet.” Buka setiap hari pada pukul 10.00 WIB sampai 22.00 WIB, restoran ini selalu ramai dan padat didatangi. Tempat ini sering dijadikan tempat pertemuan atau perayaan acara karyawan kantor dan anak-anak muda.
Ivan Hermawan, pemilik sekaligus pendiri rumah makan memulai usaha restoran Super Penyet berawal dari inovasi Restoran Jepang. Karena tidak sesuai dengan situasi dan kondisi pada waktu itu, restoran tersebut tutup. “Mungkin karena pandangan masyarakat menganggap bahwa Restoran Jepang merupakan restoran untuk kalangan menengah ke atas. Karena itulah Ivan berinovasi Restoran Jepangnya menjadi restoran berkonsep tradisional. Kemudian  pada tahun 2008, berdirilah Restoran Super Penyet di Jalan Gajahmada No.7 Semarang,” ujar Yohana, General Manager Restoran Super Penyet. Karena inovasi itulah, banyak pengunjung datang. Sekarang Super Penyet  memiliki tiga cabang di Semarang, yakni  di jalan Setiabudi No. 207 Srondol, kemudian cabang food court di DP Mall dan Paragon Jalan Pemuda. Baru-baru ini, Ivan Hermawan, selaku owner Restoran Super Penyet telah membuka cabang di Jakarta, tepatnya di Ratu Plaza, Greenville Jakarta Barat, dan Kota Alam Sutra.
Konsep restoran di luar mal lebih condong pada tradisional Jawa. Menu masakan Jawa yang ditawarkan sangat beraneka ragam. Pada umumnya, disajikan dalam model paket, agar porsi dan bentuk penyajiannya menarik. Menu andalan restoran ini adalah Udang dengan paket favorit pengunjung      Super Combo 1, (Ayam + Tahu + Tempe + Telor). Banyak menu lain ditawarkan bervariasi, mulai dari porsi paket hingga personal. Berbagai minuman menyegarkan disajikan dalam porsi yang super, seperti berbagai jus buah, es teh, hingga es campur. Harga untuk setiap porsi personal (bukan paket) dimulai dengan harga Rp. 6.000,- dan porsi paket dimulai dengan harga Rp.12.500,- sedangkan minuman dimulai dari harga Rp. 3.500,-.
Tidak hanya ayam atau bebek. Ikan dan sayuran juga banyak menjadi hidangan favorit dari para pengunjung. “Yang menjadi pembeda dari restoran penyet lainnya adalah porsi penyajiannya. Semua serba Super, mulai dari makanan hingga minumannya. Untuk satu gelas es teh saja, sama dengan dua gelas es teh yang biasa kita minum. Rasa pedas dari berbagai jenis sambalnya juga  Super Pedas. Menjadikan pembeda dengan restoran penyet lainnya. Yang lebih super adalah harga yang dipatok untuk setiap porsi sangat terjangkau bagi semua kalangan,” ucap Yohana.
Tidak kurang dari 1000 pengujung datang silih berganti, menghabiskan 1800 potong bahan utama yaitu ayam setiap harinya. Restoran ini  memiliki rumah khusus untuk pembuatan bumbu “Rumah Produksi Racik Bumbu” yang berada di Jalan Setiabudi No. 207 Srondol, Semarang. Dengan berkembangnya Super Penyet yang sudah empat tahun berdiri, pemilik berharap agar tidak melunturkan atau menghilangkan visi-misi yang sudah dijalankan dengan menambah inovasi menu-menu masakan lain. Restoran Super Penyet juga memiliki meeting room atau ruang pertemuan dan live accoustic music setiap hari, meski  fasilitas ini tidak terdapat pada cabang Super Penyet di mall. Kerja sama yang baik antara Ivan Hermawan dengan salah satu grup musik di Semarang, menjadikan resto penyet ini mampu menyajikan suasana nyaman dan santai dengan musik-musik yang disuguhkan, bahkan pengunjung dapat request  lagu yang akan langsung dinyanyikan.
“Oleh sebab itulah, restoran ini tidak pernah sepi pengunjung meskipun bukan jam makan,” ujar Yohana. Rahasianya adalah rasa masakannya disajikan menggunakan bumbu-bumbu tradisional yang ternyata diracik dan dibuat langsung oleh pemilik restoran. Super Penyet  lebih mengedepankan kualitas dan kuantitas dari pada harga. Yohana menegaskan bahwa pengunjung boleh protes untuk pelayanan atau pun pesanan yang tidak sesuai, misalnya ukuran ayam kekecilan, pengunjung diperbolehkan untuk meminta ganti tanpa membayar dobel. Karena Super Penyet memiliki Visi-Misi “Orang Makan Enak Tidak Harus Bayar Mahal”.                                                        Tim

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Refresh Image

*

You may use these HTML tags and attributes: