RELAKSASI DENGAN MEDITASI

Dalam kehidupan sehari-hari, tak jarang kita mengalami keluhan-keluhan ringan seputar kesehatan. Penyebabnya bisa banyak hal, mulai dari stres pekerjaan kantor, beban kuliah yang menumpuk, masalah keuangan, hubungan internal dalam rumah tangga, kesedihan karena kehilangan orang yang dicintai dan sebagainya. Kadang-kadang, hal itu membawa ketegangan atau stres dalam hidup kita dan berujung pada keluhan fisik. Karena stres yang berlebihan akan menurunkan sistem kekebalan dalam tubuh, mempengaruhi sistem kerja hormonal dan berdampak pada kondisi fisik maupun mental.
Namun keluhan-keluhan seperti itu tak harus selalu tergantung dengan obat.
Ada cara relaksasi yang bisa dilakukan dengan mudah, murah dan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Kita bisa melakukan relaksasi sederhana, atau bisa pilih relaksasi yang perlu latihan. Bisa rekreasi, bernyanyi, olahraga, jalan-jalan dan lain-lain. Sedangkan yang perlu latihan, berupa latihan menggunakan otot dan latihan konsentrasi atau meditasi. Meditasi ini berguna mengolah mental, emosi dan energi tubuh. Untuk memaksimalkannya, meditasi bisa dilakukan dalam suasana yang nyaman dan sepi agar lebih konsentrasi.

Ikuti langkah-langkah berikut:
1.Pertama ambil posisi yang rileks dengan posisi punggung atau tulang belakang tegak lurus.
2.Kemudian pusatkan perhatian pada satu titik di depan kita.
3.Mulailah menutup mata pelan-pelan dan biarkan mata tertutup, jangan dibuka sebelum selesai.
4.Pusatkan perhatian pada pangkal hidung diantara kedua mata.
5.Pastikan punggung tetap tegak dan rilekskan bahu.
6.Pastikan posisi tidak berubah lagi.
7.Kembali pusatkan perhatian pada pangkal hidung dan perhatikan keluar masuknya nafas pada hidung tanpa harus mengatur nafas.
8.Biarkan nafas bergerak sendiri.
9.Pusatkan perhatian pada kedua telapak tangan.
10.Rasakan kekuatan masuk lewat lubang hidung dan keluar melewati kedua telapak tangan Anda (kalau tidak terasa, tidak harus dipaksa).
11.Rasakan kekuatan masuk lewat lubang hidung keluar lewat kedua telapak kaki Anda (kalau tidak terasa, tidak harus dipaksa).
12.Rasakan kekuatan masuk lewat lubang hidung keluar melewati ubun-ubun Anda (kalau tidak terasa, tidak harus dipaksa).
13.Rasakan kekuatan masuk melewati hidung dan keluar melewati seluruh permukaan tubuh Anda (kalau tidak terasa, tidak harus dipaksa).
14.Pusatkan perhatian kembali pada pangkal hidung dan perhatikan keluar masuk nafas lewat hidung.
15.Buka mata pelan-pelan, rasakan Anda siap bekerja kembali dengan lebih semangat.
Dengan meditasi akan membantu Anda mendapatkan ketenangan batin dan merasa hidup lebih sehat karena sistem kekebalan tubuh akan semakin aktif. Namun demikian tidak hanya cukup dilakukan sekali dua kali, tetapi harus teratur agar dapat dirasakan manfaatnya.
Sebaiknya sebelum melakukan sendiri perlu latihan dengan ahlinya, karena relaksasi cara meditasi adalah salah satu cara relaksasi yang memerlukan latihan, selain itu untuk mendapatkan bimbingan serta pengetahuan tentang cara mengelola stress.
Meditasi membantu pikiran kita terpelihara pada hal positif dan membuat kita semakin mensyukuri anugerah kehidupan. ***            (dari berbagai sumber)

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Refresh Image

*

You may use these HTML tags and attributes: