Bangkrut, Layanan Winamp Dimatikan

 

 Tanggal 20 Desember 2013, bisa jadi merupakan hari berkabung bagi pengguna Winamp. Karena seharusnya hari itu Winamp dihentikan siklus kehidupannya oleh AOL, meski sempat tertunda. Winamp media players tidak akan bisa diunduh lagi. Artinya, tidak akan ada lagi winamp media players versi terbaru.

Dalam laman resminya, Winamp mengumumkan : “Winamp.com and associated web services will no longer be available past December 20, 2013. Additionally, Winamp Media players will no longer be available for download. Please download the latest version before that date. See release notes for latest improvements to this last release. Thanks for supporting the Winamp community for over 15 years.

Di kalangan pengguna komputer lawas, pasti mengenal dengan fasih Winamp sebagai pemutar musik berbasis MP3 untuk menemaninya dalam berselancar di komputer. Pemutar media ini pernah sangat populer di kalangan pengguna PC karena dukungan format audio yang sangat luas, berikut opsi customizeskin plug-in, visualisasi, dan fitur-fitur lain yang ditawarkannya.

Hal ini juga didorong oleh perkembangan penggunaan internet yang eksponensial pada saat itu. Selain itu, penemuan MP3, kenyamanan menikmati musik dalam format baru adalah faktor penting yang ikut melambungkan nama Winamp setinggi langit.

Dalam sejarah perkembangannya, perangkat lunak yang dikembangkan oleh Justin Frankel dan Dmitry Boldyrev untuk Nullsoft ini akhirnya diakuisisi oleh AOL pada bulan Juni 1999 seharga $ 80 juta. Pada tahun 2000, Winamp memiliki 25 juta pengguna yang terdaftar.

Sebelumnya TechCrunch melaporkan, melalui sumber yang tidak disebutkan namanya, bahwa AOL sedang dalam pembicaraan dengan calon pembeli Winamp. Pembeli ini adalah calon potensial yang mungkin akan menyelamatkan pemutar music legendaris ini.

Ada rumor menyebutkan Microsoft tertarik untuk membeli Winamp. Raksasa software ini disinyalir sedang terlibat pembicaraan dengan AOL selaku pemilik Winamp untuk membeli layanan tersebut berikut dengan Shoutcast. Shoutcast adalah layanan streaming radio internet yang juga dikembangkan oleh Nullsoft. Tapi sayangnya, sampai hari kematiannya belum ada kabar yang terwujud.

Artinya resmi sudah, AOL mengakhiri perjalanan Winamp setelah 15 tahun berkibar. Mulai 22 Desember 2013, legenda pemutar musik digital populer era 1990 hingga 2000-an itu akan dimatikan dan tidak bisa lagi di-download. Sayangnya, tidak ada yang tahu pasti apa alasan di balik keputusan mengejutkan ini. ***

 

Share Button

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Refresh Image

*

You may use these HTML tags and attributes: