Tips Bugar Sepanjang Hari

Sepanjang minggu kita bekerja, mulai pagi hingga petang. Tak jarang di akhir minggu sebagian dari kita masih terus bekerja.

Tidak perlu heran, karena tubuh kita dirancang secara sempurna untuk bekerja, membangun bumi ini sebaik-baiknya demi kesejahteraan kita dan generasi mendatang. Adakalanya kita melalui satu hari dengan penuh semangat, energik, seolah tak kenal lelah. Sebaliknya, tidak jarang pula kita isi seharian waktu dengan kelesuan, loyo dan murung.
Memang suasana hati dan fisik senantiasa naik turun. Meski begitu, bekerja seharian penuh bersama hati dan fisik yang bugar akan selalu menyenangkan. Sedangkan, bekerja bersama pikiran ruwet dan tubuh yang lesu, jauh dari kata menyenangkan. Karena itu ada baiknya kita mensiasati bagaimana menumbuhkan kebugaran, menemukan energi dan semangat bekerja sepanjang hari. Karena hukum bekerja itu sederhana saja, bila hati senang, kerja pun baik.
Berikut beberapa tips yang dapat Anda coba untuk menemukan kebugaran jiwa dan tubuh sepanjang hari kerja yang padat.
1. Mulailah hari dengan pikiran positif.
Ketika pertama kali membuka pelupuk mata di pagi hari, ucapkan syukur bahwa Anda masih diberi kesempatan untuk menjalani hari ini. Bersiaplah untuk memberikan sesuatu yang terbaik dari diri Anda untuk hidup ini. Lakukan dengan khusyu, kontemplasi, meditasi atau apa pun namanya. Ini baik agar pikiran Anda jernih dan positif. Setelah itu, ada baiknya setel musik ceria kegemaran Anda. Lalu go, go, go, siap bekerja.
2. Lakukan olahraga ringan.
Berikan kebugaran pada tubuh dengan melakukan olahraga ringan. Hirup udara banyak-banyak. Biarkan tubuh Anda bergerak dan berkeringat. Namun, jangan terlalu ngoyo. Lebih baik lagi, bila Anda lakukan itu bersama-sama dengan pasangan, anak-anak, atau teman-teman.
3. Sarapan secukupnya.
Sarapan adalah pemasok bahan bakar terpenting (gula darah) bagi tubuh. Sarapan bukan hanya bermanfaat di pagi hari, namun juga siang dan sore hari. Sarapan akan menghindari Anda dari jajan di jam kerja, sehingga membantu Anda menjaga berat tubuh, menguatkan daya pikir dan mempertahankan semangat kerja. Namun demikian, yang penting adalah jenis makanan yang Anda makan haruslah lengkap, terutama protein yang bisa mempertahankan kadar gula darah sepanjang hari atau bila perlu tambahkan susu. Agar menambah selera, susunlah menu yang bervariasi.
4. Atur kegiatan sebaik-baiknya.
Sebelum bekerja, aturlah rencana kerja hari ini, susun sebaik-baiknya sesuai dengan skala prioritas pencapaian tugas. Aturlah tugas-tugas sedemikian rupa agar tidak mudah kelelahan di pagi hari. Buat jadwal yang selang-seling dan sediakan waktu untuk istirahat. Meski begitu bersikaplah fleksibel untuk mengubah rencana Anda. Segala sesuatunya bisa terjadi, so belajarlah untuk membagi dan mendelegasikan tugas.
5. Jaga terus kesegaran tubuh.
Jangan melulu duduk di belakang meja, sekali-kali bergerak dan berkeringatlah. Rasakan darah Anda mengalir, dan oksigen memenuhi rongga dada Anda. Minum air putih segar banyak-banyak untuk menjaga kebugaran tubuh.
6. Istirahat juga penting.
Bekerja terus boleh-boleh saja, namun tanpa diselingi istirahat, Anda akan cepat down. Bahkan, petinju yang bertanding pun harus rehat selama satu menit setiap tiga menitnya. Lakukan relaksasi dan peregangan untuk tubuh Anda, tarik nafas dalam-dalam, pejamkan mata sejenak, di
sela-sela pekerjaan Anda. Jangan sia-siakan waktu rehat makan siang, tetapi juga jangan makan terlalu kenyang karena malah akan membuat Anda jadi mengantuk. Makanlah banyak sayur dan buah segar. Jangan tergoda untuk mengkonsumsi makanan ringan kecuali bila Anda benar-benar membutuhkannya.
7. Temukan kegembiraan dalam setiap keadaan.
Bugar bukan hanya kuat, namun segar dan penuh kegembiraan. Jangan jauhkan humor dari pekerjaan Anda. Seberat-beratnya persoalan pasti ada jalan keluarnya. Serius tapi rileks. Jaga terus pikiran positif dan jauhi emosi negatif yang menghabiskan energi saja. Tetap jalin hubungan sosial dengan rekan-rekan Anda.
8. Selesaikan pekerjaan kantor di kantor
Tuntaskan pekerjaan kantor di kantor. Ini mendorong Anda untuk bekerja produktif. Gunakan waktu setelah kerja untuk kehidupan pribadi, keluarga dan orang-orang yang Anda cintai. Isi pula dengan kegiatan sosial yang memperhatikan sesama, menyalakan api spiritual diri Anda, memperbaiki
lingkungan, dan sebagainya.
9. Cukupkan kebutuhan tidur.
Kendaraan pun perlu beristirahat, begitu juga tubuh dan jiwa Anda. Istirahat terbaik adalah tidur yang nyenyak dan cukup. Aturlah jam tidur serta bangun yang teratur. Ini baik untuk kebugaran Anda esok hari.
10. Banyak bersyukur.
Awali hari dengan bersyukur, tutup juga hari Anda dengan bersyukur. Jaga terus pikiran positif , jauhkan kecemasan karena terlalu banyak harapan dan angan-angan. Nikmati apa yang dianugerahkan Tuhan pada Anda selama ini. Rasakan betapa indahnya hidup Anda.

www.simplesharebuttons.comBerbagi dengan teman ...Facebook0Google+0Twitter0tumblrPinterest0LinkedIn0

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Refresh Image

*

You may use these HTML tags and attributes: