Tetap Cantik, Kini & Nanti

Selalu tampil cantik, pasti diidamkan setiap perempuan. Dari usia belasan hingga paruh baya, siapa yang menolak disebut cantik? Tenang, bagi Anda para wanita yang mulai bertambah usia, selain perawatan rutin dan kepercayaan diri, Anda juga bisa datang ke klinik kecantikan, dan ungkapkan apa yang anda inginkan. Tapi, tentu saja, klinik yang memiliki dokter dengan kompetensi yang diperlukan. Sekarang banyak terdapat kemajuan keahlian dan pelayanan di klinik kecantikan yang dilakukan oleh dokter, terutama dokter yang telah mendapatkan pelatihan antara lain: threadlift, filler, botox, intralipotherapy. Sementara ilmu kedokteran yang menyangkut medical aesthetics (kedokteran kecantikan) yang telah cukup lama dilakukan dokter ahli bedah plastik: breast implants (pembesaran payudara dengan menanamkan – implant silicon padat), facelifts (operasi plastik pada wajah), Rhinoplasty (memancungkan hidung) dan oleh dokter bedah umum adalah Liposuction (sedot lemak), Surgery Obesity (Bedah usus untuk kegemukan), dan oleh dokter ahli mata : Blepharoplasty (bedah kelopak mata untuk membuat mata lebih indah).
THREADLIFT
(Tanam Benang)
Thread artinya benang, lift maksudnya mengangkat. Jadi threadlift adalah tindakan untuk mengangkat jaringan kulit agar terangkat dengan menggunakan benang. Sebetulnya benang itu untuk menarik / mengencangkan jaringan sekaligus memadatkan karena akan terjadi pertumbuhan jaringan pengikat dan jaringan kolagen di area penanaman benang itu.
Threadlift lahir di negara Barat, awalnya dilakukan oleh dokter ahli bedah untuk menolong ibu-ibu yang pipinya sudah nampak kendor dan menurun, agar nampak kembali muda. Ini termasuk kedokteran Anti Aging. Namanya mula-mula “aptos lift”, digunakan untuk mengangkat jaringan kulit pipi yang mengalami ptosis (dropped / turun akibat usia). Benangnya permanen, tidak bisa hilang, bertahan antara 3 – 5 tahun, dan setelah bentuk pipi wajah tidak kencang lagi, bisa diulang prosedurnya.
Ilmu itu kemudian dikembangkan di Negeri Ginseng Korea, dimana kemudian diciptakan benang yang bisa diserap tubuh setelah 8 bulan (benang polydioxanon), dengan cara ditempelkan di ujung jarum kecil seperti jarum suntik. Setelah dokter menyuntikkan jarum itu, benangnya akan tertinggal, dan tak ada bekas. Prosedur ini disebut “Prosedur Makan Siang”, artinya bila dilakukan di klinik dan setelah 1 jam selesai, dia bisa kembali bekerja. Tidak ada time loss. Pasien hanya akan merasa sedikit kemeng akibat benang bersama cairan secresi jaringan setempat, akan menjadi massa di dalam jaringan kulit (subcutis) yang mendesak urat syaraf afferens yang membawa sinyal rasa ke pusat. Rasa kemeng bisa berlangsung selama 3 hari, namun bisa hilang dengan minum obat penghilang rasa nyeri (analgesik).
FILLER:
Filler adalah tindakan menyuntikkan cairan ke dalam jaringan kulit sehingga terjadi elevasi atau peninggian permukaan kulit. Peninggian tersebut dimaksudkan untuk koreksi bentuk anatomis, sehingga dapat menghilangkan garis kerutan kulit, atau permukaan kulit yang  dirasa kurang tinggi (defect), bahkan untuk meninggikan bagian tersebut agar lebih menonjol, misalnya meninggikan tulang hidung atau lebih menonjolkan dagu. Hasil tindakan ini diharapkan bisa bertahan agak lama, sehingga berlangsung 1 tahun, 2 tahun, atau 3 tahun, sesuai jenis obat filler yang dipakai. Tindakan ini memerlukan ketrampilan dan seni supaya hasilnya bagus, dan tidak menyebabkan efek samping yag merugikan. Untuk itu dikenal istilah under correction (koreksi sedikit) dan over correction (koreksi yang berlebih). Yang dianjurkan adalah under correction, sehingga bisa diulang setelah beberapa hari untuk menyempurnakan hasilnya.
Zat cair yang dipakai sebagai filler ini biasanya terbuat dari asam hyaluronat yang akrab dengan jaringan kulit tubuh, atau campurannya. Bisa disuntikkan, tidak menimbulkan tolakan jaringan atau reaksi alergi, infeksi, dan sebagai benda asing dapat diserap oleh jaringan kulit setelah waktu tertentu. Ada  2 macam filler yang bisa kita pakai, yaitu : Filler syntetik, dan Autologous Biofiller yang berasal dari tubuh kita sendiri. Yang berasal dari tubuh sendiri ini tentunya lebih murah, tidak perlu ditakutkan atau dikhawatirkan, tetapi kekurangannya adalah masa pakainya lebih singkat, tidak sampai 1 tahun.
Cara membuatnya adalah dengan proses PRP (Platelet Rich Plasma) yaitu dari darah kita sebanyak 8 cc, kemudian dipisahkan serumnya, dipanasi agar lebih memadat, tetapi tidak sampai padat benar, agar masih bisa disuntikkan kedalam jaringan bawah kulit (subcutis) kita.
BOTOX
(Botulinum Toxin)
Botox adalah nama obat yang digunakan untuk tindakan penyuntikan pada otot atau sambungan syaraf pada otot, biasanya diwajah, untuk membuat kelumpuhan sementara sehingga diperoleh hasil yang diharapkan. Biasanya dilakukan pada wajah untuk menghilangkan kerutan kerutan otot wajah, atau di mata untuk menghilangkan kejulingan (strabismus) mata, untuk otot anggota gerak pada penderita Cerebral Palsy type spastic (penderita cacat yang ototnya selalu kejang), dan untuk mengurangi Hyperhydosis (banyak sekali mengeluarkan keringat dari ketiaknya).
Hasil penyuntikan ini juga sementara, dari 3 sampai 6 bulan, sehingga diperlukan suntikan ulangan. Suntikan Botox ini banyak dilakukan wanita yang ingin nampak muda kembali.
INTRALIPOTHERAPY:
Tindakan ini adalah hal baru untuk menipiskan lemak di perut, pinggul, paha, lengan, punggung, dengan suntikan obat, dengan jarum panjang dan arah jarum mendatar, dengan arah jarum menyebar seperti kipas, sehingga diperoleh hasil yang diinginkan. Semua hal yang baru ini tidak otomatis diajarkan di Fakultas Kedokteran, sehingga tidak bisa dilakukan oleh setiap dokter yang baru lulus, melainkan oleh dokter yang belajar lagi teori dan praktek untuk  melakukannya. (bersambung). ****

www.simplesharebuttons.comBerbagi dengan teman ...Facebook0Google+0Twitter0tumblrPinterest0LinkedIn0

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Refresh Image

*

You may use these HTML tags and attributes: