Gunung Tidar Bakal Jadi Destinasi Wisata Baru

Gunung Tidar Bakal Jadi Destinasi Wisata Baru

Pemerintah Kota Magelang ingin serius merealisasikan rencana menjadikan kawasan Gunung Tidar sebagai destinasi wisata baru. Apabila terealisasi, Gunung Tidar nantinya bakal menjadi tujuan wisata religi yang patut dikunjungi di Kota berjuluk Sejuta Bunga ini.

Walikota Magelang, Ir Sigit Widyonindito MT, mengatakan nantinya akan ada investor yang siap memberikan dukungan terkait upaya realisasi rencana tersebut, terutama dari sisi pengelolaan infrastuktur di kawasan itu.

“Kami akan segera merubah kawasan ini menjadi destinasi wisata religi yang lebih menarik, Komisi V DPR RI juga pernah menyatakan akan memberikan bantuan sekitar Rp 2,5 miliar untuk merealisasikan hal itu. Saya sangat berharap wacana tersebut bisa terwujud,” tuturnya saat meninjau kawasan Gunung Tidar, Rabu (19/2).

Ia menuturkan, rencana menjadikan Gunung Tidar sebagai destinasi wisata religi memang sudah cukup lama diwacanakan. Menurutnya, langkah tersebut ditujukan untuk memecah pusat keramaian yang ada di Kota Magelang.

“Jadi nantinya tidak melulu wisatawan akan berkunjung ke Taman Kyai Langgeng atau pusat kota saja, karena di sini juga ada destinasi wisata yang lain,” tambahnya.

Lebih lanjut Sigit memaparkan, kawasan wisata Gunung Tidar memang layak dijadikan salah satu destinasi wisata baru. Selain terdapat makam Syeh Subakir, kawasan yang merupakan puncak tertinggi Kota Magelang ini juga memiliki kondisi alam yang masih asri.

Hal itulah yang menjadi pertimbangan pihaknya untuk menjadikan Gunung Tidar sebagai destinasi wisata baru. Meski demikian, ia belum bisa mengatakan kapan waktu pasti realisasi rencana tersebut.

“Tentunya masih butuh waktu dan proses lebih lanjut, yang jelas ekosistem dan suasana asri di tempat ini juga harus tetap dijaga,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Sigit bersama Wakil Walikota, Sekda  dan semua kepala SKPD, Forpimda dan anggota TNI Kota Magelang
menyempatkan diri untuk menanam pohon di kawasan itu. Rombongan juga melakukan ziarah ke makam Syeh Subakir, dan saat turun gunung, mereka juga melakukan aksi bersih lingkungan dengan memungut sampah di sekitar jalur pendakian.

Sementara Kabag Humas Protokol dan Santel Setda Kota Magelang, Sutomo Hariyanto SH,menuturkan, selama ini Pemkot memang serius melakukan kajian terkait wacana tersebut. Namun, hal itu akan dilakukan secara bertahap dan diawali dengan penataan kawasan sekitar Gunung Tidar.

“Misalnya untuk pengadaan tempat parkir kan harus juga dipikirkan, karena kalau nanti ada bus besar kan harus bisa masuk. Karena itu kami juga mengharap masukan dari semua pihak,” katanya. Hms/Ely

 

www.simplesharebuttons.comBerbagi dengan teman ...Facebook0Google+0Twitter0tumblrPinterest0LinkedIn0

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Refresh Image

*

You may use these HTML tags and attributes: