Pemkot Magelang Fokus Wujudkan Pengelolaan Koperasi Profesional

PEREKONOMIAN
Pemkot Magelang Fokus Wujudkan Pengelolaan Koperasi Profesional

Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah, mendorong terwujudnya pengelolaan berbagai koperasi di daerah itu secara sehat sehingga bermanfaat untuk peningkatan perekonomian masyarakat, khususnya para anggota.

“Koperasi yang sehat selain meningkatkan usaha perekonomian anggota, juga menjadi syarat untuk pemerintah pusat memberikan bantuan permodalan dan bantuan lainnya,” kata Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Pemkot Magelang Tony Agus.

Hingga saat ini, di Kota Magelang yang meliputi tiga kecamatan dan 17 kelurahan itu, tercatat sekitar 200 usaha perkoperasian dengan berbagai bentuk usaha jasa perekonomian.

“Tetapi, terutama didominasi oleh koperasi yang bergerak dalam layanan simpan pinjam kepada anggotanya,” katanya.

Pihaknya hanya memberikan rekomendasi koperasi yang sehat dengan manajemen pengelolaan yang baik atau sesuai dengan ketentuan, untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat, yakni Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

Ia mengatakan pemerintah pusat melaksanakan program pemberdayaan koperasi, antara lain melalui penyaluran dana bantuan secara bergulir.

Beberapa waktu lalu, katanya, sejumlah koperasi di Kota Magelang mendapat bantuan dari pemerintah pusat itu, yang masing-masing sebesar Rp500 juta.

“Sebelumnya, dinas kami melakukan penilaian terlebih dahulu terhadap koperasi yang memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan tersebut, lalu merekomendasikan kepada pusat,” katanya.

Ia mengharapkan berbagai usaha koperasi di daerah setempat terus meningkatkan pengelolaan agar bisa memperoleh kesempatan mendapatkan bantuan pemerintah pusat untuk meningkatkan usahanya.

“Kalau suatu lembaga ekonomi koperasi bisa mendapatkan bantuan, diharapkan bisa mendorong yang lain juga meningkatkan diri, untuk bisa juga mendapatkan bantuan peningkatan usahanya,” katanya.(*)

 

 

www.simplesharebuttons.comBerbagi dengan teman ...Facebook0Google+0Twitter0tumblrPinterest0LinkedIn0

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Refresh Image

*

You may use these HTML tags and attributes: