BMT Bima SEHAT DAN BERMANFAAT

Selalu mendapat predikat Cukup Sehat dari Kementerian Koperasi bukanlah prestasi sederhana, karena tidak banyak BMT yang berbadan hukum Koperasi dapat meraih predikat tersebut. Juga telah mampu membiayai sebanyak 62.812 orang anggota menunjukkan bahwa BMT BIMA memberikan banyak manfaat bagi perkembangan ekonomi rakyat khususnya UMKM.  Di tengah kelesuan dan keterpurukan umat terhadap sistem kapitalisme, KJKS Baitul Maal Wat Tamwil Bina Insan Mulia (BMT BIMA) hadir menyampaikan sajian sederhana bagi sesama, agar kita bangkit untuk hari esok yang lebih manfaat dan bermartabat. Dalam memperlancar tujuannya BMT BIMA telah membuat visi misi yang relevan dengan keberpihakannya kepada rakyat.
Ketua KJKS BMT BIMA, H. Abdul Hadi Nashir, SE saat ditemui LIFESTYLE menjelaskan bahwa BMT BIMA didirikan sejak 02 Januari 1995 bertujuan mewujudkan perekonomian rakyat yang kuat sehingga mendorong terciptanya keadilan dan kesejahteraan bagi sesama.
“Kita ingin mewujudkan perekonomian rakyat yang kuat serta memanfaatkan sistem informasi dan teknologi untuk peningkatan efektifitas dan efisiensi usaha sehingga mendorong terciptanya keadilan bagi sesama.”
Kehadiran BMT BIMA, Kata Abdul Hadi Nashir, bisa membantu pengusaha kecil. Untuk itu dia berharap BMT BIMA terus tumbuh agar mampu menggarap usaha kecil dan menengah (UMKM) yang masih luas.
Meski hanya menggarap usaha kecil dan menegah (UMKM) namun BMT BIMA hingga April 2013 telah mampu menyalurkan dana / Pembiayaan Rp. 294.631.299.145,00 (revolving fund).
Dana sebesar itu kebanyakan merupakan dana simpanan para anggota yang berprofesi sebagai pengusaha  kecil    seperti  pertanian, perdagangan, perindustrian. Dana ini kemudian digulirkan kembali dengan sistem syariah bukan sistem bunga. “Selama ini usaha mikro kecil di Magelang kurang terjangkau oleh mekanisme bank besar. Padahal ini peluang pasar yang sangat besar dan sudah terbukti ketangguhannya dari badai krisis ekonomi. Kami berhasil mencatat pertumbuhan usaha yang signifikan,” ungkap suami Hj. Siti Nuraini.
Dijelaskan, porsi pembiayaan maupun penyertaan modal kepada para pedagang kecil ini mencapai 49 persen, kemudian petani kecil 24,3 persen. Sementara untuk pelaku industri ‘hanya’ 4,9 persen, jasa 9,9 persen, serta bentuk pembiayaan lain 11,4 persen.
“Ini membuktikan bahwa prospek pembiayaan mikro syariah usaha kecil menengah di Magelang sangat besar.”
Mewujudkan perekonomian rakyat yang kuat dan kesejahteraan bagi sesama benar-benar diwujudkan, BMT BIMA telah merealisasikan penyaluran dana melalui beberapa program. Diantaranya pemberdayaan umat mandiri, Peduli Anak Negeri (beasiswa), santunan da’i Mukhlisin, paket sembako dhua’fa, tebar hewan kurban khitanan massal, baiti jannati dan peduli bencana.
“Hingga saat ini, total realisasi penyaluran dana Baitul Maal BIMA sebesar Rp. 2.610.605.125,00” ungkap pria kelahiran Magelang, 25 Mei 1958.
Selain program tersebut, Abdul Hadi Nashir menambahkan, ada program intern yang masih digarap yaitu pengembangan ekonomi ummat bersama-sama dengan pemerintah khusus di wilayah magelang.
Sementara, BMT BIMA hingga kini memiliki 1 kantor pusat, 8 kantor cabang dan 3 kantor cabang pembantu yang tersebar di wilayah kabupaten Magelang dan sekitarnya.
Total asset   BMT BIMA   per  Maret   2013  sebesar Rp.64. 488.261.733. Dengan Assets sebesar ini, BMT BIMA tengah bersiap-siap ekspansi keluar daerah seperti Temanggung dan Sleman, Yogyakarta. T.Ko/Is/El

www.simplesharebuttons.comBerbagi dengan teman ...Facebook0Google+0Twitter0tumblrPinterest0LinkedIn0

One Response to BMT Bima SEHAT DAN BERMANFAAT

  1. BMT BIMA

    alhamdulillaaah.. semoga BMT BIMA bisa mencapai asset IDR 100 M pada kuartal terakhir tahun 2014 ini

    Reply

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Refresh Image

*

You may use these HTML tags and attributes: