Makin Akrab dengan Warga Semarang

Meski baru 3 tahun hadir di Kota Semarang, Jawa Tengah, tapi masyarakat sudah akrab dengan taksi berlogo burung warna biru itu. “Sekarang jumlah armada kami ada 300 unit yang siap melayani pelanggan setiap hari,” kata Victor, General Manager Blue Bird Group ketika ditemui LIFESTYLE di Poolnya Jl. Brigjen Sudiarto Semarang.

Agaknya tidak berlebihan bila Blue Bird Group (BBG) lekas mendapat tempat di hati masyarakat. Mengingat pengalamannya selama puluhan tahun mengelola taksi di berbagai kota besar seperti DKI Jakarta, Banten, Bandung, Surabaya, Bali, Lombok, Manado, Semarang dan Medan.

Dan sejauh ini image masyarakat tentang layanan BBG masih sangat baik. Itu pula yang membuat dimana BBG hadir, langsung mendapat antusiasme dari masyarakat. “Bagi kami, pelanggan adalah proritas. Pelanggan sendiri dibagi menjadi 2 (dua) yaitu pelanggan internal (pengemudi) dan pelanggan eksternal (tamu pengguna jasa taksi). Dengan diperlakukannya pengemudi sebagai pelanggan, maka mereka berhak mendapat layanan terbaik dari manajemen mulai pengemudi berangkat sampai kembali lagi ke pool.

Selain menerima 3 S, di semua pool tersedia ruang istirahat pengemudi (mess) dan sarana-sarana pelatihan yang memadai sampai sarana untuk penyaluran bakat dan ketrampilan seperti olah raga, musik dll. Sehingga pengemudi dapat beristirahat dengan baik dan mereka fresh saat melayani tamu. Kami yakin, pelayanan baik yang dirasakan pelanggan internal ini akan mewarnai pelayanan mereka terhadap pelanggan eksternal yaitu penumpang,” kata Victor, ayah 2 anak kelahiran Yogyakarta.

Dalam melayani pelanggan eksternal, selain memberi perhatian terhadap pengemudi sebagai ujung tombak, manajemen BBG secara konsisten meremajakan armada paling lambat setiap 5 tahun. Hal ini penting, agar armada tetap kompetitif dari segi tampilan, kenyamanan dan keamanan.

Tapi meski armada Blue Bird umumnya berusia muda, maintenance tetap mendapat perhatian serius. Semua armada mendapatkan perawatan secara berkala dan kontinyu serta dikelola dengan sistem komputerisasi. Selain hal tersebut diatas diatas pengembangan teknologi menjadi konsentrasi kami, dalam pelatihan SDM tetap mengedepankan nilai kejujuran, tulus, disiplin dan kerja keras.

DEKATKAN LAYANAN

Untuk melayani customer di Kota Semarang dan sekitarnya, kini Blue Bird tersebar di 45 pangkalan. Baik di hotel, stasiun, terminal, swalayan, rumah sakit, perumahan dan beberapa tempat umum lainnya. “Selain penumpang di jalan, customer masih lebih banyak reservasi by phone non stop 24 jam. Agar menghemat waktu pengiriman armada ke lokasi pemesanan, taksi kami kirimkan dari lokasi pangkalan yang terdekat dengan alamat jemput” kata alumni UPN Veteran Yogyakarta ini.

Masih dalam rangka meningkatkan layanan yang selalu berorientasi pada motto pelayanannya yaitu Aman, Nyaman, Mudah dan Personalize, selain kemudahan dalam pemesanan dan mendapatkan taksi, kemudahan dalam pembayaran kami harapkan bisa menjadikan nilai tambah kami, sekarang naik taksi Blue Bird tidak harus membayar pakai uang cash. Tapi bisa menggunakan credit voucher. Dengan menggunakan credit voucher beberapa perusahaan mitra mengaku lebih efektif, efisien dan sangat diuntungkan karena tidak perlu menyediakan uang cash setiap harinya dan tagihan pemakaian bulanan sudah disiapkan oleh pihak Blue Bird, selain itu anggaran perjalanan sangat terkontrol. Kelebihan credit voucher ini, bisa digunakan di seluruh Indonesia, dimana Taksi Blue Bird ada.

Kini credit voucher Blue Bird memiliki 3 type. Pertama untuk coorporate, kedua personal dan ketiga adalah pre-paid (seperti pulsa handphone). Nominalnya bisa diisi pelanggan sesuai kebutuhan. Dan yang paling diminati masyarakat Kota Semarang adalah nominal mulai Rp 20.000,- sampai Rp 50.000,-

GOLDEN BIRD

Sebelum kehadiran Taksi Blue Bird, sebenarnya Blue Bird Group sudah hadir sejak 7 tahun lalu melayani transportasi masyarakat Semarang dengan Golden Bird, yaitu Rent Car atau mobil rental. Hanya saja jenis layanannya berbeda. Golden Bird plat hitam, hanya beroperasi bila ada order, saat ini dapat dipesan di beberapa hotel berbintang di semarang, terminal kedatangan bandara Ahmad Yani dan pool kami di Jl. Brigjen Sudiarto. Golden Bird menyediakan berbagai varian baik kelas standart (avanza, innova) sampai luxury (Camry, Mercedez). Layanan ini sudah digunakan lebih dari 50 perusahaan di Jawa Tengah seperti perusahaan perbankan, telekomunikasi, manufaktur, instansi pemerintah, oil and gas, mining, fowarding dan hotel di Semarang. “Golden Bird bisa disewa per jam, harian (daily use) atau bulanan (shorterm dan longterm contract). Bisa disewa untuk keperluan dalam kota dan ke luar kota,” kata Victor.***

Posted by on Apr 27th, 2011 and filed under Bisnis. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response by filling following comment form or trackback to this entry from your site

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Refresh Image
*