Uji Coba Mobil Hybrid H-Molex

Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Sultran Agung Semarang, (FTJ UNISSULA) untuk pertama kali memperkenalkan Mobil Hybrid H-Molex, sebagai karya Mahasiswa dan Dosen kepada masyarakat luas di hadapan Gubernur H. Bibit Waluyo, Kamis (19/7) di pelataran halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah.
Mobil Hybrid H-Molex ini mendapat apresiasi dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai mobil listrik pertama yang memanfaatkan 3 (tiga) sumber energi, yaitu (matahari, gas dan premium). Penghargaan Rekor MURI diberikan kepada UNISSULA sebagai penggagas dan pembuat mobil, sedang KADIN Jateng sebagai pendukung produksi dan Gubernur Jateng sebagai pendukung program.
Mobil hibrid ini terispirasi adanya berhagai sumber energi listrik yang bisa didapatkan. Selain mendapatkan dan sumber energi listrik dan PLN, dapat juga didapatkan dari generator, accumulator (Accu), sel surya, tenaga angin, ketel, turbin dsb. Dari ide tersebut muncullah gagasan untuk menciptakan mobil Hibrid yang diberi nama “TIO” (Three In One) yaitu mobil listrik yang memanfaatkan pasokan energi listrik dan accu, sel surya, dan generator listnik (Gensèt).
Tim Mobil “TIO” terdiri dari Para Dosen, Laboran dan mahasiswa FTI program studi Teknik Elektro, Teknik lndustri, Teknik Informatika dan Teknik Komputer (UNISSULA) terus berusaha mengembangkan mobil ini dengan senantiasa mengadakan riset untuk mencapai kesempurnaan. Menurut Dosen Teknik UNISSULA, Agus SupriyantoST, MT setelah diuji coba oleh Gubernur Jawa Tengah, mobil ini akan keliling kota Semarang untuk diperkenalkan kepada masyarakat luas,” kata Ka Biro Humas Setda Prov Jateng Agus Utomo, S.Sos. Rosi

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Refresh Image

*

You may use these HTML tags and attributes: