Membangun Rumah Ramah Lingkungan

Dalam pengembangan property, isu lingkungan boleh jadi isu yang paling mencuat saat ini. Dikenal dengan istilah green building, merupakan sebuah konsep pembangunan gedung yang memperhatikan aspek-aspek pada lingkungannya.

Tak hanya gedung. Hunian biasa pun biasa didesain dengan konsep ramah lingkungan, atau yang biasa kita sebut dengan rumah eco friendly. Intinya, tak sulit kok membangun rumah ramah lingkungan, asal berpegang pada prinsip menjaga lingkungan agar tetap seimbang. Berikut adalah tips mendesain rumah eco friendly, yang dilansir dari Interiorholic.

Tempat

Memilih lokasi atau tempat merupakan faktor paling utama dalam membuat rumah eco friendly.  Pilihlah lokasi yang banyak memberikan cahaya alami ke dalam rumah, sehingga dapat membantu menghemat energi di rumah.

Minimalisir Limbah Sisa Konstruksi

Meminimalisir limbah sisa konstruksi dapat dilakukan dengan tehnik prefabrikasi. Tehnik prefabrikasi adalah metode perakitan komponen pada rumah yang dirakit di pabrik.

Desain Jendela yang Tepat

Jendela yang tepat dapat membantu Anda untuk menghemat energi pemanasan atau pendinginan secara signifikan.

Memanfaatkan Tenaga Matahari

Anda dapat menggunakan panel surya untuk memanfaatkan tenaga matahari. Dengan tenaga surya, Anda dapat mengalirkannya ke listrik rumah Anda. Cara ini juga membuat Anda berhemat saat membayar tagihan listrik.

Bijak Menggunakan Air

Anda dapat memasang sistem untuk mengumpulkan air hujan. Air ini dapat anda gunakan untuk menyiram toilet. Selain itu, penghematan air lainnya dapat dilakukan dengan cara memasang kran air yang beraliran rendah untuk mengurangi konsumsi air yang berlebihan.

Rooftop Garden

Memiliki lahan sempit? Membuat rooftop garden atau taman atap bisa menjadi pilihan. Selain dapat membuat suasana rumah lebih hijau, rooftop juga berfungsi mengurangi kebisingan. ***

Share Button

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Refresh Image

*

You may use these HTML tags and attributes: