Satya Lencana Koperasi

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah Drs. Hadi Prabowo, MM menerima penghargaan Satya Lencana Pembangunan Bidang Koperasi dari Presiden RI. Penghargaan diserahkan oleh Wakil Presiden RI Budiono pada acara puncak Peringatan Hari Koperasi ke-65 Tingkat Nasonal di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Kamis 12 Juli 2012.
Penghargaan diberikan atas peran aktif Sekda dalam penguatan kelembagaan masyarakat perdesaan dan perkotaan berbasis sistem agrobisnis yang dijabarkan dalam pengembangan Koperasi Unit Desa (KUD), Koperasi Pertanian, Koperasi Simpan Pinjam/Usaha Simpan Pinjam (KSP/USP), pengembangan akses dan pangsa pasar Koperasi dan UMKM baik dalam maupun luar negeri.
Sekda juga dinilai berperan aktif dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Koperasi dan UMKM melalui pendidikan agar memiliki kompetensi dan daya saing tinggi. Termasuk mendorong terbitnya Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Jawa Tengah Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pedoman Pengelolaan Koperasi.
Penghargaan Satya Lencana Pembangunan Bidang Koperasi juga diberikan kepada Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah Ir. Sujarwanto Dwiatmoko M.Si dan Bupati Banyumas Drs. H Mardjoko, MM.
“Sedang KPRI Bhakti Praja Semarang, KSP Lembaga Keuangan Pasar Sragen, dan Kopari Citra Gemilang Kabupaten Magelang memperoeh predikat Koperasi Berprestasi. KPRI Bhakti Praja juga masuk 10 besar koperasi yang mendapat penghargaan Koperasi Award,” jelas Kepala Biro Humas Prov Jateng Agus Utomo, S.Sos.
Di Jateng saat ini terdapat 20.571 Koperasi aktif dengan modal mencapai Rp 18,6 triliun lebih dengan volume usaha mencapai Rp 22,3 triliun lebih. Jumlah anggota Koperasi 5.209.472 orang dan menyerap tenaga kerja 84.804 orang. Perkembangan tersebut memberikan kontribusi sekitar 8-10% terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jawa Tengah. Rosi

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Refresh Image

*

You may use these HTML tags and attributes: