Tips Berkendara di Musim Hujan

Pengendara sepeda motor perlu waspada saat musim hujan tiba

Bagi pengguna sepeda motor, hujan menjadi kendala bahkan jika tak waspada keselamatan bisa jadi taruhan. Selain membuat pandangan kita terganggu, hujan juga membuat jalanan menjadi licin yang berbahaya bagi para pengendara.
Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berkendara di musim hujan :
1. Periksa semua lampu kendaraan
Pastikan semuannya masih normal baik lampu utama maupun lampu sen. Jika semua lampu dipastikan masih normal maka nyalakan lampu utama saat berkendara baik di malam maupun siang hari, terlebih lagi saat turun hujan. Lampu untama bisa menjadi tanda keberadaan kita bagi kendaraan lain, sehingga kendaraan lain bisa melihat kita.

2. Periksa tekanan dan alur ban
Pastikan tekanan ban masih baik dan alur serta ketebalan ban luar juga masih bagus. Periksalah setidaknya seminggu sekali untuk urusan tekanan ban kendaraan anda. Tekanan ban dan alur ban yang masih baik menghindarkan kendaraan melayang diatas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip), jangan ambil risiko berkendara menggunakan ban yang sudah tipis.

3. Pastikan sistem kontrol kendaraan anda masih normal
Yaitu kemudi, pedal gas, rem, maupun kopling apakah dalam keadaan baik dan berilah perawatan ekstra terutama pada musim hujan saat ini. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi keadaan darurat atau kesalahan orang lain yang bisa mengakibatkan kecelakaan.

4. Pakailah alas kaki yang tidak licin dan aman
Di musim hujan sebaiknya gunakanlah alas kaki yang tidak licin untuk berkendara, selain itu juga persiapkan jas hujan yang berbentuk baju dan celana. Karena jas hujan yang seperti itu tadi lebih aman dibandingkan yang berbentuk ponco atau jas hujan batman.

5. Kurangi kecepatan anda jika berkendara saat hujan
Hal ini bisa menghindarkan kendaraan tergelincir (slip) akibat jalan yang licin karna air hujan yang bercampur dengan oli. Mengendarai kendaraan dengna kecepatan rendah akan membuat semua ban menempel ke jalan dan itu membuat daya cengkram ban akan kuat.

6. Jaga jarak kendaraan anda dengan kendaraan lain
Langkah ini agar jika menghindari masalah dan bisa memiliki ruang untuk menghentikan laju kendaraan anda tanpa menabrak kendaraan lain.

7. Jangan memaksa menerobos genangan air yang ada di jalan
Pasalnya hal tersebut bisa membuat kendaraan menjadi mogok mungkin anda juga bisa terperosok ke lubang yang ada didalam genangan yang tak anda ketahui.
Jika terjebak banjir dan kendaraan anda mogok jangan anda coba untuk menhidupkan kendaraan anda, ada baiknya anda dorong terlebih dulu ke tempat yang aman. Karena dikhawatirkan sistem pengapian kendaraan terjadi konsleting dan bisa membuat kendaraan anda terbakar. (dari berbagai sumber)

www.simplesharebuttons.comBerbagi dengan teman ...Facebook1Google+0Twitter0tumblrPinterest0LinkedIn0

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Refresh Image

*

You may use these HTML tags and attributes: