SERAYU EXPO PAMERAN PRODUK EKONOMI KREATIF BERTARAF NASIONAL RAMAIKAN FESTIVAL SERAYU 2013

Bagi masyarakat Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, sungai Serayu sangat berarti dan begitu besar manfaatnya. Air Serayu  Hulu berasal  dari  mata air alami di daerah Dataran Tinggi Dieng (DTD) Banjarnegara.   Mata air itu kemudian disebut ‘Tuk Bhimalukar’. Syahdan,    mata air pegunungan itu disebut tempat mandi Bhima. Bhima adalah salah satu kesatria Pandawa dalam tokoh pewayangan.

Oleh karena itu tidaklah ber- lebihan jika potensi Sungai Serayu yang besar tadi dikenalkan kepada semua lapisan masyarakat, baik lo- kal, nasional bahkan dunia. Ajang Festival     Serayu     Banjarnegara 2013 inilah yang bakal membuka cakrawala bahwa Sungai Serayu sebagai pusat peradaban masyarakat  Banjarnegara  sekaligus  ikon wisata  Banjarnegara  saat ini. Hadi   Supeno,   Wakil   Bupati Banjarnegara  yang menjadi Ketua Umum Festival Serayu Banjarnegara 2013, kepada LIFESTYLE menyampaikan, event digelar sepekan (24-31 Agustus), terbagi  menjadi  2  event  yakni event inti dan pendukung. Event Inti meliputi Parade Budaya, Pesta Parak Iwak, Gelar Senin, Serayu Expo, Banjarnegara Bersholawat dan   Banjarnegara   Hijau.   Event pendukung meliputi   lomba foto, pameran lukisan, pentas musik, fun  bike,  turnamen  golf,  lomba blok   pariwisata,   lomba   masak serba ikan, gelar film Indi, kemah Bhakti Karang Taruna, Trabas Motor Trail, Serayu 10 KM, lomba dolanan anak, Gerak Jalan Gayeng dan Seminar Serayu.

PARAde BUDAYA (24 AGUSTUS 2013)
Menampilkan potensi seni bu- daya dan pariwisata serta produk ekonomi kreatif yang ada di Banjarnegara.  Kegiatan  ini  dige- lar di sepanjang Jalan Dipayuda Banjarnegara, setelah pembukaan yang akan dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Ekuin Ir. Hatta Rajasa dan Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Dr. Mar’ie Elka Pangestu.

PESTA PARAK IWAK  (26-27 AGUSTUS 2013)
Pesta ini merupakan bentuk pengejawantahan kesadaran masyarakat di sekitar Kali Serayu terhadap besarnya manfaat Kali Serayu sebagai nadi kehidupan masyarakat Banjarnegara. Pesta diawali  prosesi  pengambilan ‘Ulam Sari Tirta Nyawiji’ dari te- laga-telaga di Dataran Tinggi Dieng (DTD) seperti Telaga Balekambang, Merdada, Sewiwi, Sendang Sedayu, Telaga Pengilon, Telaga Warna dan Telaga Cebong. Ulam Sari Tirta Nyawiji ditempatkan dalam  bokor  ‘Tumus  Pandeleng Ing Manah’ kemudian dikirab melalui Kota Batur, Wanayasa, Karangkobar, Banjarmangu dan disemayamkan di Madukara.
Menginap semalam, esok harinya Ulam Sari Tirta Nyawiji dikirab ke Sungai Serayu kemu- dian dilarung. Pagelaran ini dike- mas penuh rasa kekeluargaan sehingga wisatawan dapat ikut kegiatan Gogoh Iwak dan makan 1000 tumpeng sambil menikmati aneka budaya Banjarnegara.

GELAR SENIN (24-31 AGUSTUS 2013)
Merupakan  ajang  hiburan  kesenian rakyat yang digelar selama sepekan di empat tempat yakni Alun-alun Banjarnegara, Taman Kuliner, Stadion Kolopaking dan TRMS Serulingmas. Apresiasi potensi seni dan budaya yang ada di Kabupaten Banjarnegara akan di- gelar sejak pagi hingga malam hari.

serayu expo (28 AGUSTUS sd 1 SEPTEMBER 2013)
Pameran produk ekonomi kreatif berstandar nasional yang menampilkan hasil karya industri kreatif seperti industri publikasi, industri seni budaya, industri musik dan seni pertunjukan, aneka kerajinan dan barang seni, industri desain dan beberapa industri kreatif dengan muatan teknologi. Di sini juga digelar aneka produk UMKM, produk pertanian, peri- kanan, peternakan dan kontes ter- nak, aneka olahan menu kuliner non beras dan bursa tenaga kerja. Tidak ketinggalan, untuk meng- hibur wisatawan, di pagelaran ini juga  akan  ditampilkan  berbagai hiburan. Kegiatan ini didukung oleh Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Kehutanan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Kominfo dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Pameran dibuka setiap   hari   mulai   pukul   10.00 s/d 21.00 di Stadion Soemitro Kolopaking, Banjarnegara dan bagi masyarakat gratis untuk berkun- jung ke Area Serayu Expo.

BANJARNEGARA BERSHOLAWAT (31 AGUSTUS 2013)
Merupakan  event  akbar  spiritual “bersholawat massal” bersama Syeh Habib Abdul Khadir Assegaf. Pagelaran ini merupakan apresiasi dari rasa syukur kepada Tuhan YME   atas   rahmat   dan   inayah yang diberikan kepada masyara- kat Banjarnegara sekaligus do’a bersama. Para wisatawan diper- bolehkan bergabung dalam acara Banjarnegara Bersholawat di alun- alun Kota Banjarnegara.

BANJARNEGARA HIJAU (31 AGUSTUS 2013)
Event penanaman pohon massal di komplek taman TRMS Serulingmas. Dihadiri juga sejumlah artis Ibu Kota dan para wisatawan dapat ikut menanam pohon sambil berdendang. Kemudian untuk event pendukung, Lomba Foto Tingkat  Nasional  (24-31  Agustus 2013),   Pameran   Lukisan   (24-31 Agustus),   Pentas   Musik   (24-31 Agustus), Fun Bike (1 September), Turnamen Golf (25 Agustus). Lomba   Blok   Pariwisata   (24-31 Agustus), Lomba Masak Serba Ikan (26 Agustus), Gelar Film Indi (24-41 Agustus), Kemah Bhakti Karang Taruna (30-31 Agustus), Trabas Motor Trail (31 Agustus), Serayu 10 KM (31 Agustus), Lomba Dolanan Anak (27 Agustus), Seminar Serayu (27 Agustus ) dan Gerak Jalan Gayeng (29 Agustus 2013). Muchlas

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Refresh Image

*

You may use these HTML tags and attributes: