Mengenal lebih dekat Kapolres Gunungkidul

AKBP Faried Zulkarnaen, S.Ik adalah lulusan Akpol angkatan 1993.  Dilantik sebagai Kapolres Gunungkidul menggantikan AKBP Ihsan Amin pada akhir bulan Mei 2013 lalu. Pria kelahiran Surakarta, 9 Oktober 1971 ini terlihat ramah dan murah senyum. “Bapak saya Sumatera, Ibu Jawa Timur, dan saya lahir di Solo, Jawa Tengah. Jadi secara harfiah saya ini Jawa tulen, meski tidak terlalu fasih berbahasa Jawa,” akunya. Toh, ini tidak menutupi sikap tegasnya sebagai seorang Kapolres.
Hal itu tampak pada semangatnya dalam menjaga kamtibmas di wilayah hukum Gunungkidul. Dikatakan, keamanan masyarakat adalah nomor satu yang ia emban. “Sebab dengan masyarakat merasa aman, maka dapat dengan nyaman melakukan aktifitas apapun.  Maka bagi saya keamanan adalah yang paling utama.”
Mengenai pengalaman yang paling mengesankan selama menjalankan tugas, Farid menceritakan, dirinya pernah ikut pengamanan demonstrasi besar-besaran yang terjadi di Jakarta pada tahun 1997 lalu, yang menurutnya sangat melelahkan dan memompa adrenalin. “Saat itu, saya sampai lupa kalau sudah mempunyai istri. Maklum, baru satu minggu melangsungkan pernikahan waktu itu,” ceritanya diiringi tawa.
Faried Zulkarnaen sendiri menjadi anggota Polri, mengikuti jejak sang ayah. Sejak kecil, dia bercita-cita ingin menjadi Polisi. “Cita-cita saya memang ingin menjadi polisi seperti ayah saya. Memang sudah panggilan hati,” urainya dengan senyum. Berkat dedikasinya, perjalanan karir sebagai anggota Polri terus cemerlang. Dimulai bertugas sebagai Pamapta Polda Metro Jaya (1994).
Selanjutnya, berturut-turut menjabat sebagai Danton 2 Ki Sat Brimobda Metro (1995), Wadanki 5995 Sat Brimobda Metro (1996), Danki 2 Yon C Sat Brimobda Metro, Danki 1 Yon C Sat Brimobda Metro (1998) dan kembali ke Akpol sebagai Danki Taruna Akpol (2004) serta Kaur Bin Kortarsis Akpol (2006).
Selanjutnya, Faried Zulkarnaen berpindah tugas di jajaran Polda Jawa Timur. Diantaranya sebagai Waka Polres Ponorogo, Waka Polres Tulungagung, Kabag Ops Polwil Kediri masing-masing menjabat selama satu tahun dan selanjutnya menjabat sebagai Kasat Samapta Polwiltabes Surabaya.
Pada tahun 2011, Faried Zulkarnaen mulai terdaftar sebagai perwira jajaran Polda Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai Kabagbinopsnal Ditlantas Polda DIY, Kabagbinkar Ro SDM Polda DIY masing-masing menjabat selama satu tahun dan menjabat Kapolres Gunungkidul sejak sertijab yang dilakukan pada akhir Mei 2013 lalu.
Sebagai Kapolres Gunungkidul, ia mohon doa restu dan kerjasama yang baik dengan seluruh element masyarakat.
Selama bertugas, pria berkulit sawomatang ini didampingi Isti Nurhidayah, SH sang istri dan dikaruniai dua orang putri Farlinda Alya Z  (13 tahun) Faizah Adelia Maheswari Z (6 tahun). Ely

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Refresh Image

*

You may use these HTML tags and attributes: