DUA PENGUSAHA YANG MASIH MENJADI MAHASISWA

DUA PENGUSAHA YANG MASIH MENJADI MAHASISWA

 

Fardan mengakui menaruh segudang mimpi dan harapan pada usahanya ini, salah satunya adalah dapat memiliki pabrik kaos atau brand buatan anak negeri yang dapat di banggakan khususnya di mata dunia.

            Siang itu majalah Lifestyle mendapatkan informasi bahwa ada dua orang Enterpreneur muda asal Jawa Tengah yaitu  Fardan Hasymi Yufawi Ilham (22 tahun) dan Ryan Oki Pradana (23 tahun). Mereka adalah mahasiswa Universitas Stikubank Semarang jurusan Teknik Informatika. Berawal dari hobi menggambar anime atau tokoh kartun Jepang, kini hobi tersebut yang mengantarkan mereka berdua menuju gerbang kesuksesan.

            V-castro Apparel, adalah sebuah clothing rumahan yang berada di Jalan Mahoni 103, Sampangan–Semarang. Clothing yang berada sekitar 20 menit dari pusat kota semarang itu memproduksi sendiri  kaos, slayer, tas, topi dan masih banyak lagi. Kepiawaian mereka berdua menyulap hobi menjadi rupiah bermula dari mengikuti kompetisi yang diadakan oleh kampus yang bekerjasama dengan Bank Indonesia yaitu “Enterpreneur Univercity” . Setelah mereka lolos menjadi juara, akhir 2011 lalu Bank Indonesia memberikan fasilitas berupa : modal usaha (fresh money), tour pameran, pembinaan serta pelatihan kewirausahaan yang dapat menyokong perkembangan usahanya. Untuk pembinaan kewirausahaan, Bank Indonesia bekerjasama dengan CV. Riwani Globe memberikan pelatihan kewirausahaan mulai dari awal berbisnis, pengelolaan, pembukuan, dan pemasaran produk sampai ke tangan konsumen.

            Menurut penuturan Fardan salah satu owner V-castro Apparel,  dia lebih senang menjadi seorang pengusaha dari pada pegawai kantoran. “Saya adalah orang yang suka kebebasan, tidak terikat oleh waktu, dan bisa sesuka hati bekerja menurut aturan yang dibuat sendiri, kata Fardan”. “Selain itu saya suka fashion dari kecil, makanya saya memilih membuka usaha ini”. “Sisi positif yang dapat diambil adalah dapat menciptakan lapangan kerja bagi orang – orang yang membutuhkan pekerjaan,  jadi banyak manfaat yang bisa kita peroleh menjadi seorang pengusaha, imbuh Fardan”. Fardan mengakui menaruh segudang mimpi dan harapan pada usahanya ini, salah satunya adalah dapat memiliki pabrik kaos dengan brand buatan anak negeri yang dapat di banggakan khususnya di mata dunia.

            Biaya produksi usaha clothing ini setiap bulanya sudah mencapai kurang lebih 20 juta dengan keuntungan mencapai 30 juta perbulannya. Angka yang cukup fantastis dan perlu di acungi jempol karna keberhasilan mereka mengelola usaha rumahan ini. Keberhasilan produk sampai ke tangan konsumen juga tak lepas dari keberhasilan strategi pemasaran yang mereka jalankan, baik melalui media online seperti facebook, twitter, kaskus, website dan offline seperti tour pameran yang difasilitasi oleh Bank Indonesia serta bazar-bazar UMKM yang diadakan oleh pemerintah.

            Jika anda hobi berbelanja, majalah Lifestyle merekomendasikan V-castro Apparel sebagai tempat yang wajib anda kunjungi berburu kaos dan pernak pernik dengan desain yang unik dan lucu. Harganyapun cukup murah, dibandrol mulai 70 rb dengan berbagai macam pilihan. Gak percaya, buktikan aja! (g.za)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Refresh Image

*

You may use these HTML tags and attributes: