Review Kebiasaan Makan Anda

NgFotoemil sepotong roti, memang paling cocok jika disandingkan secangkir coklat hangat. Jika ini berlangsung beberapa kali dalam seminggu tanpa Anda sadari, waah, tambahan kalori yang masuk dalam tubuh tak sebanding dengan kalori yang dikeluarkan. Dan bisa jadi Anda akan mengalami kenaikan berat badan lebih dari 5 kilogram dalam sebulan. Bayangkan!

Jika ingin mengembalikan ke posisi semula, maka Anda harus mau dan mampu berusaha sekuat tenaga untuk melakukan perubahan besar. Namun itu tak perlu dilakukan, karena dengan kemauan yang terlampau besar, maka yang Anda dapat hanya stressor saja. Setelah tercapai, tidak menutup kemungkinan Anda akan kembali ke kebiasaan semula. Banyak tips untuk mengurangi berat badan yang sederhana dan mudah sekali dilakukan.  Jadi pilihlah tips yang sesuai dengan kemampuan, namun juga harus berusaha konsisten. Berikut ini ada 5 tips sederhana yang bisa Anda coba.

Makan sambil duduk
Adalah makan dengan posisi duduk di kursi dan menghadap meja makan dengan peralatan makan, diawali berdoa dan makan dengan tertib, tanpa buru-buru, akan mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi sampai 30 %, dibandingkan dengan makan sambil berdiri atau berjalan.  Karena sebenarnya tubuh sudah mempunyai pola untuk memperlakukan makanan walaupun hanya sekedar snack atau makanan ringan, bahwa otak telah memerintahkan tubuh untuk makan seperlunya saja, dalam arti tubuh tak butuh makanan untuk cadangan dalam beberapa waktu. Di samping itu mata akan terfokus pada makanan yang tersaji di depan kita sehingga sedikit sekali terpengaruh jenis makanan yang lain di luar yang dihidangkan (Agustine, 2001)

Makan buah atau sup sebelum makan nasi
Ini penting agar tubuh merespon makanan pembuka ini dan memberikan image kenyang.  Jadi tubuh sudah  merasa cukup sehingga tidak perlu tambahan makan kalori yang berlebihan. Otomatis ini sudah satu cara mengurangi jumlah kalori yang masuk tubuh.

Memilih menu yang sederhana
Variasi warna dan bentuk makanan akan merangsang nafsu kita untuk mencicipi semuanya. Jadi, kurangi variasi bentuk dan warna dalam makanan, misalnya cemilan kue kering. Aneka bentuk akan merangsang nafsu kita untuk mencoba satu persatu. Jadi suguhkan atau ambil yang tidak terlalu banyak variasi warna dan bentuknya, sehingga akan mengurangi nafsu makan kita.

Porsi kecil
Ini bisa diakali dengan mengganti piranti makan.  Gunakan sendok dan piring makan yang lebih kecil dari biasanya.

Jauhkan atau sembunyikan makanan berkalori tinggi
Menyimpan di toples tak tembus pandang atau menyimpan di lemari makan atau membersihkan meja TV dari toples-toples cemilan cukup membantu Anda mengurangi asupan cemilan.

Jadi, cobalah mereview kebiasaan makan dan ngemil Anda. Dan mulailah menjalani hidup sehat dengan cara sederhana, yaitu menguarngi makan! ***

Sumber ; Rits From: Patricia Pliner dan Gail Althsculer, University of Toronto – edited, 2001
(translated)

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Refresh Image

*

You may use these HTML tags and attributes: