Iklim UMKM Terus Berkembang

Walikota H Sigit Widyonindito meresmikan pembukaan Pekan Raya Magelang 2013 (PRM) yang digelar di Gedung Tri Bhakti Kota Magelang, 25 – 29 September 2013, yang diselenggarakan Bappeda dan Fedep Kota Magelang diikuti industri makanan, minuman, kerajinan, konveksi, handycraft, elektronik dan lainnya.
Dalam sambutannya, Walikota Sigit Widyonindito menyampaikan, Pemkot Magelang akan terus memfasilitasi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mengikuti pameran di berbagai tempat. Dengan begitu akan tahu kelemahan produk yang dihasilkan dan kemudian dilakukan perbaikan untuk meningkatkan kualitas.
Sigit menerangkan, iklim usaha termasuk industri kecil berkembang  dengan baik. Kebijakan pro job dan pro poor yang dilakukan Pemkot Magelang berada di jalur yang benar. Terbukti kemiskinan saat ini kurang dari 10%.
“Iklim sejuk seperti ini harus terus dijaga oleh semua warga Kota Magelang. Apalagi saat ini masyarakat sudah merasa memiliki dan ikut memajukan kota ini. Sebab, kalau terjadi apa-apa recovery-nya sangat mahal dan memakan waktu  lama,”  ungkapnya.
Ketua Fedep Drs Eddy Sutrisno, M.Si mengemukakan, sekarang persaingan makin tajam baik antar usaha maupun antar daerah. Maka perlu sarana untuk promosi yang dilakukan terpadu dengan melibatkan berbagai instansi. “Rencana kami pada tahun 2015 PRM akan dibuat lebih besar dengan mengundang berbagai bidang usaha dari luar kota,” tuturnya.
Sementara, Kepala Bappeda Ir Joko Suparno MPL mengatakan, penyelenggaraan PRM tidak menggunakan dana APBD.  “Biayanya dari subsidi silang, yaitu  pengusaha yang mampu menyubsidi yang kurang mampu,” terangnya.
Tujuan diselenggarakannya PRM ini untuk memberi tempat promosi bagi produk-produk unggulan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Selain itu untuk meningkatkan daya saing serta menjalin kemitraan dengan lembaga lain seperti perbankan.
“Fedep terus memfasilitasi UMKM pameran hingga ke tingkat nasional. Tahun ini mengikuti pameran di Palangkaraya, sedang tahun 2014 di Dumai,” ujarnya.
Acara ini juga diramaikan lomba stand up comedy oleh beberapa kepala dinas dan instansi di jajaran Pemerintah Kota Magelang. ***

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Refresh Image

*

You may use these HTML tags and attributes: