IIMS 2013 “Smart Vehicle Mobility”

Wakil FotoPresiden RI Boediono membuka Indonesia International Motor Show 2013 (IIMS) di Jakarta Internasional Expo Kemayoran, (19/09). Pagelaran mobil terbesar di Asia Tenggara ini dijadikan ajang pamer teknologi dengan harga kompetitif oleh Agen Pemegang Merk (APM). Pameran yang berlangsung selama 10 hari ini menampilkan 36 Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM), 27 kendaraan penumpang dan 276 industri pendukung. Dalam sambutan singkatnya Wapres Boediono mengatakan, “Memang negara kita kaya akan sumber daya alam dan pertanian, tapi tidak mungkin bergantung dari situ. Industrialisasi harus berjalan. Kita mempunyai banyak anak muda kreatif. Otomotif akan menjadi tulang punggung industri dan industrialisasi Indonesia.” Setelah opening ceremony, Boediono yang didampingi Roy Suryo, Menteri Pemuda dan Olah Raga serta Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahja Purnama (Ahok) mengunjungi booth-booth peserta pameran IIMS.

Toyota
Toyota mendapat kehormatan menjadi booth pertama yang dikunjungi oleh rombongan. Di sini Wapres Boediono berkesempatan melihat dari dekat produk-produk unggulan Toyota seperti mobil listrik dan hybrid produksi Toyota. Setelah kunjungan Wapres dan rombongan, dilanjutkan oleh press conference dari masing-ma-sing APM (Agen Pemegang Merek) yang berlangsung di semua hall. Ini menjadi ajang bagi APM untuk memamerkan produk-produknya, baik yang sudah ada di pasaran maupun yang baru pertama kali diperkenalkan di Indonesia. Bahkan beberapa APM melakukan World Premiere di IIMS 2013.

Mercedes Benz Indonesia
Mercedes-Benz Indonesia di gelaran IIMS kali ini meluncurkan 5 mobil terbarunya. Generasi terbaru dari E-Class (E 250 AVA, E 250 CDI dan E 250 Coupé), A 45 AMG Edition 1 dan GL 63 AMG. Proses  unveiling dipimpin oleh Dr. Claus Weidner, Presiden dan CEO dan Stephan Moebius, Direktur Penjualan dan Pemasaran Mercedes-Benz Indonesia. Partisipasi Mercedes-Benz pada acara ini memperkuat visi perusahaan untuk mengukuhkan kepe- mimpinannya di pasar mobil premium  Indonesia. Produk unggulan lainnya dari Mercedes-Benz di IIMS 2013 juga termasuk A 250 Sport, B 200 Sport, the C 250 Avantgarde AMG PLUS, C 200 Avantgarde dengan Illuminated Star edisi terbatas, ML 350, S 350, dan smart for two passion coupé. “Mercedes-Benz Indonesia senantiasa memberikan pelanggan kami teknologi yang terbaik di kelasnya,” kata Dr. Weidner. “Hari ini, kami juga dengan bangga memperkenalkan E-Class generasi terbaru yang meningkatkan kenyamanan dan ketenangan dalam berkendara melalui desain yang lebih luas dan modern.”

HONDA
Honda dengan bangga mempersembahkan Honda Mobilio Prototype. Mobil ini menjadi bintang di booth Honda karena mobil ini adalah mobil LMPV (Low Multi Purpose Vehicle) pertama yang dirancang khusus oleh Honda untuk Indonesia. Honda juga menampilkan mobil sport konsep Honda NSX yang sempat jadi bintang di film Iron Man. Mobil ini  mengkombinasikan era baru mobil sport menggunakan teknologi hibrida.

Daihatsu
Daihatsu memboyong 8 mobil konsep terbaru. Mobil konsep terbaru Daihatsu tersebut adalah Daihatsu Ulta Function Compact (UFC-2), mobil kompak, mobil sporty 7-penumpang, Cross-over Utility Vehicle (CUV), mobil keluarga serba guna DR-Estate, New Compact (NC-Y) dan NC-Z generasi terbaru. Lalu mobil konsep lainnya dari pengembangan konsep Astra Daihatsu Ayla sebagai bagian dari 5 unit Ayla World yang dipamerkan, yaitu Daihatsu Ayla GT (sport), Ayla Luxury (elegant), Ayla X-Track (cross over). Sementara 2 unit Ayla World lainnya adalah Ayla Aero Package Varian M Sporty dan X Elegan.

Renault – NisSan
Renault yang menjadi pendatang baru IIMS menampilkan Duster, sebuah ikon Renault yang akan memperkuat keberadaan Renault di Indonesia. Duster merupakan SUV terlaku di Eropa serta model terlaris dari Renault di tahun 2013. Selain itu Duster pun memenangkan sejumlah penghargaan di seluruh penjuru dunia. Duster dilengkapi dengan mesin K9, terbaik di kelasnya, mesin berkekuatan 1500 dCi merupakan “global growth engine” dari Aliansi Renault-Nissan.  Di booth Renault pun menampilkan mobil Formula 1 yang menarik minat pengunjung.

Audi
Audi tak mau ketinggalan dengan meluncurkan empat mobil teranyar mereka, yakni Audi R8 Facelift, RS4 Avant, RS5 Coupe, dan Audi A7 Sportback. Melalui peluncuran keempat produk terbarunya ini, PT.   Garuda  Mataram   Motor ingin menunjukkan bahwa inilah komitmen sekaligus kepercayaan yang kuat dari Audi untuk memberikan pilihan produk mobil premium dengan sentuhan khusus dari rumah modifikasi quattro GmbH, serta craftsmanship terbaik untuk car enthusiast.

MINI COOPER
MINI area IIMS 2013  menghadirkan 2 line up terbarunya yaitu MINI Hyde Park dan MINI Green Park. Kedua mobil ini memiliki individualitas serta daya tarik khas MINI yang berbeda jika dibandingkan de-ngan brand mobil premium yang lainnya. Mobil seharga Rp 639 juta ini merupakan mobil dengan jumlah unit yang terbatas, yaitu 30 unit saja di Indonesia dan tidak akan ditambahkan.

Tata
Tata pabrikan asal India memperkenalkan 3 line up andalannya yang akan bersaing di kelas kendaraan komersial. Ketiga kendaraan tersebut adalah Xenon RS Pick Up, Super Ace dan Ace EX 2 Diesel Pick Up. Sedangkan Nissan menghadirkan beberapa facelift untuk Juke, X-Trail, dan Serena. Sedangkan Ford ingin memperkenalkan EcoSport yang akan diluncurkan awal tahun depan. Peugeot juga memperkenalkan produk terbaru mereka, yakni New Peugeot 208 GTi. Sama pula dengan Su- baru yang hadir dengan All New Subaru Forester.

VW
Volkswagen akhirnya juga merilis salah satu mobil fenomenalnya, VW Golf MK-7 yang mengantongi predikat sebagai “World Car of The Year 2013” dengan point yang ditonjolkan melalui berat berkurang 100 kg, peningkatan efesiensi bahan bakar, desain berkarakter hingga sasis dengan sistem MQB. Ketua Penyelenggara Johny Darmawan mentargetkan pengunjung 370 ribu atau naik 5000 dari tahun 2012 sebesar 365 ribu. Mengenai target transaksi pihaknya tidak mentargetkan jumlah nominal, namun menurut catatan di tahun 2012 kemarin mencapai nilai transaksi tembus 5 trilyun. “Tema yang diambil dalam pagelaran kali ini adalah Smart Vehicle Mobility yang artinya bahwa kendaraan yang ‘beredar’ harus mementingkan teknologi untuk efisiensi bahan bakar. Jadi selain nyaman juga ekonomis,” ungkap Johny. Selain para APM, dukungan dari konsumen juga merupakan hal yang sangat penting bagi perkembangan industri otomotif tanah air. “Kami akan terus berupaya memberikan yang terbaik bagi APM dan pecinta otomotif negeri ini,” tambahnya. By

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Refresh Image

*

You may use these HTML tags and attributes: