7 Kali Juara Umum OSN

Provinsi Jawa Tengah merebut penghargaan sebagai juara umum Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2012 yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Penghargaan diserahkan Wakil Presiden RI Boediono kepada Gubernur Jawa Tengah H. Bibit Waluyo di Labuhan Haji, Lombok Timur, NTB Desember lalu.
Penghargaan ini merupakan ke-7 kali bagi Jateng setelah sebelumnya diraih tahun 2002, 2003, 2006, 2007, 2008 dan tahun 2011. Pada OSN 2012 yang melombakan mata pelajaran Matematika, IPA, Komputer, IPS, Astronomi, Teknologi Komunikasi dan Informasi, Jateng meraih 23 medali emas, 29 medali perak, 34 medali perunggu. Dari jumlah itu, siswa SD meraih 2 medali emas, 2 medali perak, dan 1 medali perunggu. Siswa SMP meraih 5 emas, 16 perak, dan 15 perunggu. Siswa SMA  meraih 12 emas, 16 perak, dan 15 perunggu. Siswa Layanan Khusus Pendidikan Dasar meraih 2 emas, 2 perak, dan 2 perunggu. Siswa Layanan Khusus Pendidikan Menengah meraih 1 perunggu, guru SMP/SMA meraih 2 emas dan 3 perak. Medali yang diraih Jateng pada OSN kali ini merupakan yang terbanyak dibanding OSN tahun sebelumnya.
Atas diraihnya penghargaan tersebut, Gubernur Jateng merasa bangga dan menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Jateng yang telah berprestasi di bidang pendidikan. Gubernur meminta prestasi itu terus ditingkatkan dengan menjaga sinergitas antara guru dan siswa. Bukan saja siswa yang dituntut berprestasi, tetapi guru juga harus memotivasi muridnya dengan menunjukkan prestasi. Dengan demikian akan muncul generasi unggul demi mewujudkan bangsa mandiri dan berdaya saing tinggi.
“Orang yang berprestasi pasti optimis, pasti semangat, sehingga terhindar dari pengaruh negatif lingkungan sekitarnya. Tidak ada lagi generasi muda yang terjerumus narkoba, perkelahian, dan hal negatif lainnya. Jawa Tengah yang diawaki orang berprestas, pasti maju,” tandas Gubernur.
Desember lalu Gubernur juga menerima penghargaan Adibakti Mina Bahari Tingkat Nasional 2012 dari Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sharif Cicip Sutardjo. Penghargaan diberikan pada puncak peringatan Hari Nusantara 2012 yang berlangsung di Hotel Lombok Raya, Mataram, NTB. Penghargaan diberikan sebagai apresiasi atas kebijakan Gubernur Jateng dalam pengembangan budidaya ikan di Jateng seperti pengembangan kawasan gurami di Purbalingga dan Banyumas, pengembangan kawasan nila di Klaten, dan pengembangan kawasan lele di Boyolali. Demikian press release yang diberikan Kabiro Humas Setda Prov Jateng Agus Utomo, S.Sos kepada wartawan. Rosi

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Refresh Image

*

You may use these HTML tags and attributes: